Ada 5 Kasus Kebakaran Lahan Sepanjang Musim Kemarau di Mesuji

Ada 5 Kasus Kebakaran Lahan Sepanjang Musim Kemarau di Mesuji

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kabupaten Mesuji mencatat ada lima kasus kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Mesuji selama musim Kemarau. Foto Damkar Mesuji--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kabupaten Mesuji mencatat ada lima kasus kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Mesuji selama musim Kemarau.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pemadaman Kebakaran, Evakuasi dan Sarana Prasarana Damkartan Pemkab Mesuji Ardiansyah, saat dihubungi pada Senin 4 September 2023.

Ya selama musim kemarau ada lima kasus kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Mesuji yang pertama di Desa Brabasan Kecamatan Tanjung Raya, kemudian di Desa Budi Aji dan Desa Wirabangun Kecamatan Simpang pematang, kemudian di Umbul Ben Desa Wiralaga ll Kecamatan Mesuji, dan di Umbul Sumpu Desa Margojadi Kecamatan Mesuji Timur.

BACA JUGA:Klaim Saldo DANA Rp 88 Ribu Senin 4 September 2023, Caranya Ambil Link DANA Kaget Hari Ini

Menurutnya kebakaran lahan itu tidak sangat mengkhawatirkan dampaknya. Sebab, kebakaran yang ditimbulkan bisa ditangani tanpa melibatkan stakeholder lainnya.

"Beruntung kebakaran lahan yang terjadi tidak parah, sehingga kita bisa tangani persoalan itu," imbuhannya.

Jika kebakaran yang ditimbulkan itu cukup parah maka penanggulangannya bukan hanya ditangani oleh pihak Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Damkartan Mesuji saja.

BACA JUGA:Mutasi Pejabat Pemkab Tanggamus, Posisi Direktur, Kabid dan Kabag RSUD Batin Mangunang Tanggamus Bergeser

Melainkan melibatkan seluruh pihak terkait, seperti BPBD Mesuji maupun TNI-Polri.

Sebelumnya untuk mengatasi Dampak kemarau dan cuaca ekstrim fenomena El Nino Pemkab Mesuji membentuk tim penanganan dampak El Nino dengan melakukan penyiraman jalan yang berdebu serta membagikan masker untuk mencegah masyarakat yang beraktifitas terkena penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). 

Tim yang terdiri dari BPBD, Damkartan, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, PWI Mesuji, Camat Mesuji Timur, Puskesmas Tanjung Mas Makmur, dan Puskesmas Margo Jadi tersebut melakukan penyiraman ruas jalan.

BACA JUGA:Bunga Ringan, AdaKami Cairkan Pinjaman Saldo Dana Sampai Rp 58 Juta Tanpa Surat Dokumen Berkas

Serta membagikan masker kepada pengguna jalan untuk mencegah dampak El Nino dari sisi kesehatan yakni penyakit ISPA, serta menghimbau masyarakat agar tidak membakar lahan karena bisa menyebabkan bencana kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mesuji Sunardi Nyerupa,  mengatakan mengantisipasi sejak dini penanggulangan penyakit Ispa dampak dari cuaca El Nino dengan membagikan masker kepada para pengguna jalan dan penyiraman ruas jalan bersama Damkartan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: