Asumsi KUA Meleset, Pemkab Pesawaran Garap Perubahan APBD 2023

Asumsi KUA Meleset, Pemkab Pesawaran Garap Perubahan APBD 2023

Ketua DPRD Pesawaran Suprapto tandatangani nota kesepakatan rancangan perubahan KUA PPAS TA 2023.-Foto Prokopim -

RADARLAMPUNG.CO.ID - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan adanya perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi KUA mendasari perubahan asumsi pendapatan, belanja dan pembiayaan pada perubahan APBD TA 2023.

Hal itu dikatakan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melaui Sekretaris Daerah, Wildan pada Rapat Paripurna dalam rangka Kesepakatan Terhadap Rancangan Perubahan Kebijakan Umum APBD dan Perubahan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara di Gedung DPRD, Kab. Pesawaran, Senin 4 September 2023

Dikatakan, perkembangan tersebut yaitu adanya perubahan asumsi-asumsi dasar ekonomi makro pada triwulan kedua pada tahun 2023, serta adanya kebijakan Pemerintah Pusat yaitu Peraturan Menteri Keuangan Nomor 266 Tahun 2023 tentang Perubahan Rincian Dana Alokasi Khusus Non Fisik Tahun Anggaran 2023. 

Kemudian, terbitnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 3/PMK.07/2023 tentang Rincian Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Menurut Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2023.

BACA JUGA:Ini Nama 8 Tersangka Kasus Dugaan Penggelapan Koperasi Betik Gawi

Juga adanya kebijakan Pemerintah Provinsi yaitu terbitnya Keputusan Gubernur Lampung Nomor G/781/VI.03/HK/2022 tentang Penetapan Target Penerimaan Dana Bagi Hasil Pajak Rokok Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2023 Kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. 

"Hal lain yaitu menyesuaikan rekomendasi BPK-RI berdasarkan LHP BPK RI Nomor 28A/LHP/XVIII.BLP/05/2023 Tanggal 15 Mei 2023 terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran Tahun Anggaran 2022," ucap Sekretaris Daerah Kab. Pesawaran di hadapan para Anggota Legislatif Bumi Andan Jejama. 

Lebih lanjut Wildan menjelaskan, Rancangan Perubahan KUA dan Perubahan PPAS juga mempertimbangkan dan mencermati kondisi ekonomi makro daerah, kebijakan asumsi pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah serta strategi pencapaiannya.

Ia mengatakan, secara komprehensif rancangan perubahan KUA dan perubahan PPAS TA 2023 telah dibahas di tingkat badan anggaran DPRD antara tim anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran bersama Badan Anggaran DPRD Kabupaten Pesawaran. 

BACA JUGA:Maknai Hari Pelanggan Nasional 2O23, BRI Terus Berikan Kualitas Layanan Terbaik

"Hasil pembahasan tersebut disusun dan dituangkan dalam sebuah nota kesepakatan terhadap perubahan KUA dan perubahan PPAS TA 2023," ungkapnya.

"Perubahan KUA dan Perubahan PPAS yang telah disepakati ini selanjutnya akan dijadikan dasar dalam penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD dan Rancangan Peraturan Bupati tentang Penjabaran Perubahan APBD TA 2023," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: