Perwakilan PPID Unila Hadiri Advokasi KIP Bagi PTN di USU

Perwakilan PPID Unila Hadiri Advokasi KIP Bagi PTN di USU

Advokasi KIP bagi perguruan tinggi bertujuan untuk meningkatkan raihan predikat badan publik informatif bagi perguruan tinggi di Indonesia--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Koordinator Informasi dan Humas Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM) Universitas Lampung (Unila) Suratno, S.Pd., M.H., dan Staf Subbagian Informasi Kiki Epraim Siallagan, S.Kom., mewakili PPID Unila menghadiri Kegiatan Advokasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Bagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Akademik untuk Meraih Badan Publik Informatif tahun 2023.

Kegiatan yang berlangsung di Universitas Sumatera Utara (USU), Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara Senin, 4 September 2023 ini merupakan tindak lanjut dari konsolidasi monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik yang beberapa waktu lalu telah dilaksanakan di Universitas Sebelas Maret (UNS).

Advokasi KIP bagi perguruan tinggi bertujuan untuk meningkatkan raihan predikat badan publik informatif bagi perguruan tinggi di Indonesia pada tahun 2023. Selain itu, kegiatan ini merupakan usaha untuk meningkatkan kualitas pengelolaan informasi dan dokumentasi yang prima bagi masyarakat luas terkhusus untuk meraih predikat informatif sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan memenuhi harapan masyarakat.

Kegiatan Advokasi KIP ini juga merupakan upaya untuk mendukung target badan publik informatif dalam rangka menyukseskan implementasi reformasi birokrasi internal di Kemendikbudristek RI, khususnya penguatan KIP.

Pelayanan informasi publik yang baik diharapkan dapat mendorong partisipasi publik dalam mendukung dan mensukseskan berbagai kebijakan Merdeka Belajar serta mendukung terbentuknya kesejahteraan masyarakat Indonesia yang maju.

Selain itu diharapkan jumlah unit kerja Kemendikbudristek, termasuk PTN yang memperoleh predikat informatif, terus bertambah melalui evaluasi mandiri KIP sehingga sesuai peta jalan informasi birokrasi internal Kemendikbudristek,

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini dihadiri oleh Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbudristek, Asisten Ahli KIP Republik Indonesia, Komisioner Informasi Pusat serta para perwakilan tujuh puluh enam PPID Perguruan Tinggi Negeri Akademik di Indonesia.

Kegiatan ini diisi dengan pemaparan materi “KIP Terus Melaju untuk Indonesia Maju” yang disampaikan oleh Syawaludin, Komisioner Komisi Informasi Pusat Syawaludin dan Bimbingan Teknis Meraih Badan Publik Informatif pada Monev Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 yang disampaikan oleh Rospita Vici Paulyn, Komisioner Komisi Informasi Pusat. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: