Antusiasme Maba Unila Meriahkan PKKMB 2023

Antusiasme Maba Unila Meriahkan PKKMB 2023

Suasana Gedung Serbaguna Universitas Lampung (unila) bergemuruh oleh sorak-sorai tiga ribuan mahasiswa baru--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Suasana Gedung Serbaguna Universitas Lampung (unila) bergemuruh oleh sorak-sorai tiga ribuan mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) secara luring, pada Senin, 14 Agustus 2023.

Mereka mewakili total peserta PKKMB 9.165 orang, memulai hari sejak pukul tujuh pagi dengan mengenakan kemeja putih bawahan hitam, dipadu sepatu pantofel, dan nametag. Mereka berbaris rapi menuju gedung seraya siap memulai perjalanan baru di dunia perkuliahan.

PKKMB merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru dengan seluk-beluk kehidupan kampus, mulai dari visi dan misi universitas, fasilitas dan layanan kesehatan, hingga unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang menawarkan berbagai macam minat dan bakat.

Salah satu peserta PKKMB, Wahyuda Pratama, mahasiswa baru Jurusan Teknik Sipil, mengaku senang bisa hadir dalam acara tersebut. “Saya jadi tahu banyak hal tentang Unila, seperti siapa saja pimpinan-pimpinannya, apa saja program-programnya, dan bagaimana cara bergabung dengan UKM-UKM yang ada,” ujarnya.

Wahyuda menambahkan, ia tidak mau melewatkan momen penting ini karena ia menilai PKKMB hanya bisa dirasakan sekali seumur hidup. “Dari awal kita berkenalan dengan pimpinan-pimpinan universitas, diberi materi oleh wali kota Bandarlampung, dan perkenalan singkat dari fakultas-fakultas,” tambahnya.

Tidak hanya Wahyuda, Galih Sadewa dan Laudya Bunga Violin, mahasiswa baru dari jurusan yang sama, juga mengungkapkan rasa antusiasme mereka terhadap PKKMB.

Galih merasa terbantu dengan materi-materi yang disampaikan. “Saya terbantu sekali dengan kegiatan ini. Jadi lebih tergambar bagaimana kehidupan yang akan saya jalani di Unila, hal-hal apa saja yang harus disiapkan sebelum masuk perkuliahan,” katanya.

Sementara itu, Laudya mengaku tertarik untuk mengikuti PKKMB karena ingin merasakan langsung suasana kampus dan berkenalan dengan teman-teman satu fakultasnya. “Saya juga penasaran dengan UKM-UKM yang ada di Unila. Saya ingin mencoba hal-hal baru yang sesuai dengan minat saya,” katanya.

Pada hari kedua, Selasa, 15 Agustus 2023, kegiatan dimulai pada pukul delapan pagi dengan materi pertama tentang pelayanan kesehatan dari Universitas Lampung. Dilanjutkan dengan kedatangan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi.

Kemeriahan memuncak saat pengenalan UKM universitas. Para mahasiswa baru nampak antusias mengembangkan minat bakatnya melalui perkenalan dan penyampaian materi dari sejumlah UKM.

Kegiatan PKKMB tidak berhenti di sini, karena akan berlanjut di tingkat fakultas dengan jadwal yang ditetapkan masing-masing fakultas.

Dengan demikian, mahasiswa baru Unila 2023 diharapkan dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi tantangan dan peluang di dunia akademik maupun non-akademik. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: