Arinal Djunaidi Minta Desa di Lampung Mampu Mengelola Sumber Daya Dengan Efisien

Arinal Djunaidi Minta Desa di Lampung Mampu Mengelola Sumber Daya Dengan Efisien

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat menghadiri pembukaan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan pengurus kelembagaan desa.---Sumber foto : Biro Adpim.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Aparatur desa dan stakeholder terkait diminta berkomitmen memajukan desa dengan memunculkan ide-ide kreatif.

Juga ikut mensukseskan program-program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menuju Desa Maju Berjaya.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat menghadiri pembukaan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan pengurus kelembagaan desa.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 33 provinsi dan dibuka secara virtual oleh InspekturJenderal Kementerian Dalam Negeri (Irjen Kemendagri) Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw, di Aston Lampung City Hotel, pada Kamis 21 September 2023.

BACA JUGA:Aktif Berdayakan UMKM, BRI Kembali Selenggarakan Program Inovatif ‘Pengusaha Muda BRILiaN 2023’

Kata Arinal Djunaidi, pelatihan ini merupakan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Kemendagri.

Pelatihan ini dalam rangka untuk mewujudkan aparatur desa dalam mengelola pemerintahan dan pembangunan desa serta meningkatkan kinerja kelembagaan pemerintah desa melalui peningkatan kualitas belanja desa yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Arinal Djunaidi mengatakan desa-desa di Lampung harus mampu mengelola sumber daya dengan efisien, melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan, dan memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

Dirinya berpendapat bahwa kerjasama yang baik antara pemerintah desa, tokoh masyarakat, dan semua stakeholder adalah kunci keberhasilan dalam mewujudkan visi pembangunan desa yang inklusif dan berkelanjutan.

BACA JUGA:Nekat Melawan Saat Akan Diamankan Polres Lampung Timur, Tersangka Curas Tewas Terkena Timah Panas

Sebab menurutnya, desa adalah pondasi bagi pembangunan daerah dan nasional. Sehingga terobosan-terobosan untuk memajukan ekonomi perdesaan terus lakukan. 

"Seperti saya minta BUMDes nya harus bangkit, IT nya harus berjalan," ujarnya.

Tidak lupa Arinal Djunaidi meminta kepada para aparatur desa untuk ikut mensukseskan program-program unggulan Provinsi Lampung diantaranya Smart Village Menuju Desa Berjaya.

Smart Village ini bertujuan untuk optimalisasi potensi desa di Lampung agar menjadi salah satu kekuatan sosial ekonomi di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: