Peringati Haornas, Dispora Lampung Gelar Senam Lampung Berjaya dan Salurkan Bantuan Atlet Difabel

Peringati Haornas, Dispora Lampung Gelar Senam Lampung Berjaya dan Salurkan Bantuan Atlet Difabel

Gubernur Arinal Djunaidi menyerahkan uang pembinaan kepada atlet difabel, Jumat 29 September 2023. Foto Diskominfo Lampung --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar Senam Masal Lampung Berjaya dalam memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 tahun 2023, Jumat 29 September 2023. 

Senam dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi diikuti pejabat Pemprov Lampung, seperti Asisten II Kusnardi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Descatama Paksi Moeda, Karo Organisasi Lukman, Plh. Kadis Kominfo Achmad Saefulloh dan Rusdiana Adi perwakilan dari Special Olympics Indonesia (SOIna) Lampung serta Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Noviria Indah Sari

Senam massal itu diikuti oleh ASN Pemprov Lampung juga para pelajar SMA dan SLB yang di lapangan Korpri Kompleks Pemprov Lampung.

Setelah mengikuti senam massal Lampung Berjaya, Gubernur Arinal kemudian memberikan hadiah berupa uang pembinaan kepada atlet SOIna Lampung yang turun di Pekan Olahraga Special Olympics Nasional (PeSONas) di Semarang. 

Pesonas merupakan ajang olahraga yang pesertanya adalah para atlet difabel grahita (hambatan intelektual termasuk down syndrome). 

Para atlet berhasil memperoleh 4 medali emas, 5 medali perak, dan 2 medali perunggu.

Perlombaan tersebut meliputi berbagai macam cabang olahraga (cabor), di antaranya; Lari 100 meter, Lempar Roket, Tolak Peluru, Boucce, Menari, Lari 400 M, dan Lompat Jauh.

Gubernur Arinal yang berbincang dengan para atlet disabilitas tersebut memberikan semangat, dan terus berjuang untuk mengharumkan nama Lampung di dunia olahraga dan membawa olahraga Lampung semakin berjaya. 

Dalam kesempatan itu, salah satu atlet disabilitas bernama Rara melakukan video call dengan ketua SOIna Lampung Riana Sari Arinal.

Atlet down syndrom tersebut bahkan menangis lantaran saat itu di lokasi, ia tidak melihat keberadaan Riana Sari Arinal yang sedang berada di luar kota.

"Ibu kemana, pingin ketemu ibu, kok nggak ada," katanya. Riana Sari Arinal kemudian memberikan semangat kepada atlet tersebut.

Gubernur Arinal Djunaidi juga turut menyaksikan pertunjukkan Senam Persatuan Olahraga Wanita Seluruh Indonesia (Perwosi) yang beranggotakan guru-guru olahraga sekolah, PNS dan ibu rumah tangga.

Atlet Senam Perwosi juga akan tampil dan ikut serta perlombaan Piala Ibu Negara di Jakarta. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: