Oktober Curah Hujan di Provinsi Lampung Masih Rendah

Oktober Curah Hujan di Provinsi Lampung Masih Rendah

Peta perkiraan curah hujan bulan Oktober 2023 di Provinsi Lampung.---Tangkap layar ---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan di Provinsi Lampung pada Oktober 2023 masih rendah.

Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudi Herianto mengatakan, berdasarkan pantauan BMKG dan berbagai institusi internasional indeks ENSO (El Nino Southern Oscillation), awal September 2023 menunjukan kondisi El Nino Moderat dengan indeks sebesar +1.62.

Pada bulan Oktober sampai Desember 2023 ENSO diprediksi masih pada kondisi El Nono Moderat.

Terkait perkiraan hujan pada bulan Oktober 2023, kata Rudi Herianto, secara umum berkisar 0-50 mm/bulan (kreteria rendah) dengan sifat hujan dibawah normal (BN).

BACA JUGA:Daftar Perwira Polda Metro Jaya yang Masuk Mutasi Polri Terbaru 2023, Termasuk Polwan Cantik AKP Rita Yuliana

"Perkiraan di Oktober 2023 curah hujan di Lampung masih sedikit," ujar Rudi Herianto saat dihubungi Radarlampung.co.id, via WhatsApp, Minggu 1 Oktober 2023.

Begitu juga perkiraan curah hujan di Lampung pada bulan November 2023, Rudi Herianto mengungkapkan dengan sifat hujan masih di bawah normal.

Meski begitu, curah hujan November 2023 secara umur berkisar 51 sampai 150 mm/bulan atau kreteria rendah sampai sedang.

Perkiraan curah hujan yang mulai masuk kategori sedang berada di sebagai besar wilayah Lampung Timur, Lampung Tengah, Way Kanan, Mesuji, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat. Ada beberapa titik di Lampung Selatan.

BACA JUGA:Fokus Cicil Utang, Tahun Ini Pemkot Bandar Lampung Tak Usulkan Pinjamam ke SMI

Curah hujan mulai sedang dengan sifat mulai normal diperkirakan akan terjadi pada bulan Desember 2023 mendatang.

"Perkiraan curah hujan bukan Desember 2023 secara umum berkisar 101-300 mm/bulan atau masik kreteria menengah. Dengan sifat hujan dibawah normal sampai normal," tuturnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: