KDEKS Lampung Bentuk Komitmen Pemprov Mengakselerasi Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

KDEKS Lampung Bentuk Komitmen Pemprov Mengakselerasi Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Foto bersama usai pembukaan Rapat Pleno KDEKS Provinsi Lampung di Hotel Sheraton, Kamis 5 Oktober 2023.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tindak lanjuti arahan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Lampung gelar rapat komite, pada Kamis 5 Oktober 2023 di Hotel Sheraton.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang juga Ketua KDEKS Lampung mengatakan, rapat pleno ini diselenggarakan dalam rangka menindaklanjuti arahan Wakil Presiden RI pada acara Pengukuhan KDEKS Provinsi Lampung, pada 28 Agustus 2023 yang lalu.

Arahan Wakil Presiden RI, yaitu untuk segera menyusun program pengembangan ekonomi dan keuangan syariah secara inovatif, terarah dan terukur. 

Kata Arinal Djunaidi, pembentukan KDEKS Provinsi Lampung merupakan langkah strategis dan bentuk komitmen Pemprov Lampung untuk mengakselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.  

BACA JUGA:Waspada! Suhu di Malam Hari Jauh Lebih Dingin, Begini Penjelasan BMKG

Potensi pengembangan produk dan jasa syariah cukup besar di Provinsi Lampung, seperti adanya perbankan syariah pada BUMD, pemberdayaan ekonomi UMKM dan Koperasi syariah, penginapan konsep syariah, dan sebagainya.  

"Dengan terbentuknya KDEKS Provinsi Lampung, maka tinggal merajut apa yang sudah dilakukan sebelumnya agar kemajuan ekonomi dan keuangan syariah di wilayah Provinsi Lampung makin berdampak luas dan nyata," ujar Arinal Djunaidi dalam sambutannya, Kamis 5 Oktober 2023.

Lanjut Arinal Djunaidi, dalam merumuskan program kerja KDEKS, hendaknya dikaji dan digali potensi ekonomi keuangan syariah yang unggul.  

Selaku ketua, Arinal Djunaidi mengingatkan agar KDEKS Provinsi Lampung dapat menghasilkan program-program ekonomi dan keuangan syariah berkolaborasi dengan sektor pertanian dalam arti luas.

BACA JUGA:Daftar Tarif Tol Lampung Per Oktober 2023 Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar

Untuk diketahui, disampaikan Arinal Djunaidi, sektor pertanian merupakan penyangga utama pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung.

Pembangunan pertanian sangat terkait dengan ekonomi syariah karena kekuatannya terletak pada sektor ekonomi riil, dan peran vitalnya dalam mencapai hampir semua komponen tujuan syariah.

Banyak potensi ekonomi dan keuangan syariah di sektor pertanian untuk mendorong pembangunan ekonomi berkelanjutan, melalui pendekatan seperti halnya memperluas akses pembiayaan untuk pengembangan usaha.

"Saya sudah menginisiasi Program Desa Baznas untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Apalagi jika dikolaborasikan dengan Program Kartu Petani Berjaya, tentu ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lampung," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: