Dosen dan Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Bantu Pengusaha Budidaya Ikan Air Tawar PKM DRTPM 2023

Dosen dan Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Bantu Pengusaha Budidaya Ikan Air Tawar PKM DRTPM 2023

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tim dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia melakukan pengabdian dengan menciptakan inovasi teknologi terbarukan.

Mereka pun pada tanggal 5 sampai 7 Oktober 2023 telah berhasil mengembangkannya guna memberikan solusi bagi warga yang tinggal di daerah pedesaan.

Teknologi terbarukan diimplementasikan pada Koperasi Bina Sukses Jejama sebagai lokasi usaha di Desa Sukawangi, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu. 

Teknologi ini bertujuan untuk membantu warga dalam pengontrolan komponen dasar ikan air tawar yang dapat memantau pembudidayaan ikan, suhu, kadar keasaman atau pH air dalam kolam.

BACA JUGA:Barisan Kajari yang Bergeser Dalam Mutasi Kejaksaan Terbaru, Tujuh Dari Lampung

Juga mengatasi kendala lokasi kolam ikan yang berada di tengah sawah tanpa akses listrik.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang terlibat pada kegiatan ini terdiri dari, ketua tim Suaidah, M.Kom., 2 dosen sebagai anggota Novia Utami Putri, S.T., M.M., M.T. dosen FTIK Universitas Teknokrat Indonesia dan Maulid Wahid Yusup, S.Pi., M.Si. dosen Ilmu budidaya perairan Universitas Lampung. 

Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan 5 mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia sebagai implementasi dari kegiatan MBKM bidang Pengabdian.

Pada pengabdian tersebut, tim memberikan pelatihan dan pendampingan yang mendetail mengenai fitur dan manfaat dari PLTS portabel kepada warga setempat. 

BACA JUGA:A Good Day To Be A Dog, Ketika Cha Eun Woo Takut Bertemu Park Gyu Young

Anggota tim secara profesional memaparkan bagaimana teknologi ini dapat membantu mereka mengatasi kendala dalam pengontrolan dan suhu, kadar keasaman atau pH air, serta kemudahan dalam pemasangan dan pemindahan panel surya ini.

Selain itu, tim pengabdian juga menciptakan teknologi digital marketing. 

Melalui teknologi digital marketing, Mitra dapat mempromosikan hasil panen ikan air tawar, sehingga mitra mendapatkan konsumen baru.

Serta dapat meningkatkan pendapatan yang diperoleh dengan berjualan langsung ke konsumen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: