Gelar Semnas EEA 2023, Unila Dorong Kemajuan Berkelanjutan Melalui Inovasi dan Teknologi

Gelar Semnas EEA 2023, Unila Dorong Kemajuan Berkelanjutan Melalui Inovasi dan Teknologi

--Unila.ac.id

RADARLAMPUNG.CO.ID - Seminar Nasional Electrical Engineering in Action (EEA) 2023 digelar Universitas Lampung (Unila) di GSG Unila pada Kamis 19 Oktober 2023 hingga Jumat 20 Oktober 2023.

Kegiatan ini digelar dengan tema “Building Sustainable Economy Through Smart City Development”. Seminar nasional EEA 2023 merupakan salah satu rangkaian acara Electrical Engineering in Action 2023.

Di mana, EEA 2023 menjadi wadah para profesional, praktisi, akademisi, mahasiswa, dan para pemangku kepentingan di bidang ketenagalistrikan dan teknik elektro guna membagikam ilmunya tentang pengetahuan, gagasan, dan inovasi terbaru dalam perkembangan sektor ini.

Dengan mengangkat tema “Building Sustainable Economy Through Smart City Development”, maka seminar ini menggarisbawahi peran krusial teknologi dalam membangun kota cerdas yang berkelanjutan. 

BACA JUGA:Alhamdulillah, Kebakaran TPA Bakung Sudah Bisa Dikendalikan

Didalamnya terkait pembicaraan tentang perubahan iklim dan peralihan ke energi baru terbarukan yang sangat penting dalam konteks pembangunan berkelanjutan saat ini.

Maka, Universitas Lampung, melalui Fakultas Teknik, telah berkomitmen untuk mengembangkan teknologi yang mendukung terwujudnya konsep smart city.

Riset-riset terkini seperti pengembangan Internet of Things Kelistrikan Tiga Fasa, Mobil Listrik, Virtual Reality, dan Teknologi Kereta Api Listrik menjadi bagian dari upaya nyata yang telah dilakukan.

Apalagi dalam pembangunan smart city, pasokan listrik yang stabil dan andal memiliki peran sentral.

BACA JUGA:6 Usaha Franchise Murah Untuk Pemula, Ternyata Ada yang Mulai dari Rp 1,5 Juta

Teknologi tinggi, seperti smart sensors dan sistem keamanan, semuanya bergantung pada infrastruktur listrik yang kuat.

Selain itu, kendaraan listrik mendukung sistem transportasi berkelanjutan, yang saat ini menjadi fokus utama dalam industri.

Dalam kata sambutan, Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., menekankan kepada mahasiswa sebagai agen perubahan di masa depan untuk terus membawa inovasi, pengetahuan, dan semangat untuk mempercepat peralihan ke ekonomi berkelanjutan.

"Dengan kegiatan ini saya harapkan wawasan dan inspirasi kepada para peserta, terutama generasi muda, untuk turut serta dalam membangun masa depan yang lebih baik," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: