Cegah Penularan TBC, Napi Lapas Narkotika Jalani Screening

Cegah Penularan TBC, Napi Lapas Narkotika Jalani Screening

Warga binaan saat menjalani screening. Foto: Lapas Kelas IIA Narkotika Bandar Lampung--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebagai langkah preventif pencegahan penularan penyakit tuberkulosis (TBC), Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung dan Puskesmas Rawat Inap Way Kandis melakukan screening terhadap warga binaan, Rabu, 25 Oktober 2023.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung Ade Kusmanto mengungkapkan kegiatan ini merupakan program dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam hal screening penyakit tuberkulosis (TB).

“Mitranya hari ini hadir untuk melakukan screening terhadap 872 warga binaan, apakah mereka mengidap penyakit TB atau tidak, harapan kami dalam keadaan sehat,”ungkapnya di Aula Lapas Narkotika Bandar Lampung.

Jika terdapat warga binaan yang menderita TBC maka warga binaan tersebut akan mendapatkan perlakuan khusus dari tim medis Lapas Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung.

BACA JUGA:Yuk! Kenali Perbedaan Bougenville Citra Monduring dan Bougenville Citra India

“Jika mereka diperiksa positif maka akan diobati sampai sembuh. Mereka akan dipisahkan tempat tidurnya untuk mengurangi penularan. Akan di isolasi di kamar khusus dan rawat sampai sembuh,”jelasnya.

Diketahui, kegiatan ini untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan masif pada kelompok komunal yg berisiko tinggi/rentan terhadap penularan/penyebaran di dalam komunitas khususnya Lapas/Rutan.

Di sisi lain, Kalapas Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung Ade Kusmanto memberikan pengarahan dengan menyambangi seluruh warga binaan di Blok A-B-C-D-E sekaligus menjadi ajang silahturahmi dan perkenalan kalapas dan seluruh warga binaan, Rabu 25 Oktober 2023.

Dalam giat ini Kalapas didampingi oleh Kepala KPLP, Kasi Binadik, Kasubsi Bimaswat, Kasubsi Registrasi, Kasubsi keamanan dan staff memberikan pengarahan mengenai Pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban selama menjalani pembinaan di Lapas.

BACA JUGA:Lampung Nomor 3 Peredaran Narkoba, Ini Kata Kapolda

Selain itu, menjaga kebersihan lingkungan dan tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran tata tertib WBP yang berpotensi menggangu situasi kondusif di dalam Lapas.

Kalapas meminta seluruh warga binaan dalam menjaga komitmen dalam menjaga keamanan dalam kehidupan sehari-hari dan selalu menaati tata tertib yang telah ditetapkan.

Kemudian, tidak melakukan pelanggaran indisipliner atau melakukan perbuatan yang dapat menggangu situasi dan kondisi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: