Agus Subiyanto Gantikan Dudung Jadi KASAD, Berikut Ini Profilnya

Agus Subiyanto Gantikan Dudung Jadi KASAD, Berikut Ini Profilnya

KASAD Jenderal TNI Agus Subiyanto.---Sumber foto : Instagram TNI Angkatan Darat.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Letjen TNI Agus Subiyanto resmi gantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang akan memasuki masa purna bakti pada 18 November 2023 mendatang sebagai Kepala Satuan Angkatan Darat (KASAD), pada Rabu 25 Oktober 2023.

Letjen TNI Agus Subiyanto dilantik sebagai KASAD oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Sebelum dilantik sebagai KASAD, Agus Subiyanto menjabat sebagai Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad), yang dia emban sejak 4 Februari 2022 lalu.

Saat ini Agus Subiyanto telah menambah satu bintang di pundaknya sebagai Jenderal TNI setelah menduduki jabatan KASAD.

BACA JUGA:Tujuh Lifter Lampung Loloskan Tiket ke PON Aceh-Sumatera Utara

Berikut Radarlampung.co.id merangkum profil Jenderal TNI Agus Subiyanto yang berasal dari Baros, Cimahi Tengah, Jawa Barat. 

Pria kelahiran 5 Agustus 1967 ini besar dari lingkungan keluarga tentara. Sang ayah merupakan pensiunan TNI dengan pangkat terakhir sersan kepala.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di Cimahi, Agus Subiyanto melanjutkan sekolah menengah atasnya di Bandung pada 1983 sampai 1986.

Lulus SMA, Agus Subiyanto berhasil lolos dari seleksi Akademi Militer (Akmil) dan menjadi taruna Akmil yang lulus pada tahun 1991.

BACA JUGA:Diskominfotiksan Pesawaran Usulkan 17 Titik Blank Spot ke Kementerian Kominfo RI

Dirinya yang kemudian masuk kecabangan Infanteri, meniti kariernya sebagai seorang perwira pertama di lingkungan Korps Baret Merah (Kopassus). 

Dia sempat bertugas sebagai Kepala Seksi (Kasi) Operasi Sektor A Grup 3/Pusdikpassus (Pusat Pendidikan Pasukan Khusus), kemudian Komandan Batalyon (Danyon) 22/Manggala Yudha Grup 2 Kopassus/Sandi Yudha yang bermarkas di Kartasura, Jawa Tengah, dan Kepala Penerangan (Kapen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Dalam waktu sekitar 18 tahun, Agus Subiyanto mulai mengisi jabatan-jabatan strategis, antara lain, Dandim 0735/Surakarta (2009 sampai 2011). 

Saat itu Presiden RI Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: