Per Oktober Terjadi 140 titik Evakuasi Kebakaran dan 35 Upaya Penyelamatan di Bandar Lampung

Per Oktober Terjadi 140 titik Evakuasi Kebakaran dan 35 Upaya Penyelamatan di Bandar Lampung

Foto Dokumentasi Dinas Damkarmat Bandar Lampung : Dinas Damkarmat Bandar Lampung mengevakuasi Kebakaran lahan 4 hektare pada Jumat pada 20 Oktober 2023 pukul 11.23 wib dan proses pemadaman selesai pada pukul 19.25 wib.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Dinas Damkarmat) mencatat 175 evakuasi maupun upaya penyelamatan. Dimana 140 titik evakuasi Kebakaran dan 35 upaya penyelamatan. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Anthony Irawan, membenarkan hal tersebut. Ia menyampaikan per Oktober 2023 setidaknya ada 140 titik evakuasi kebakaran dan 35  upaya penyelamatan.

BACA JUGA:Cair November, Begini Cara Pengambilan Bantuan Sosial BLT El Nino Rp 200 Ribu

"Untuk evakuasi kebakaran didominasi  Kebakaran lahan kosong dan sementara untuk upaya penyelamatan pelepasan cincin,"ucap Anthony pada hari Rabu, 1 November 2023.

Lebih rinci, Anthony menyampaikan bahwa untuk kebakaran selama Oktober 2023 setidaknya 8 titik kebakaran rumah dan 132 titik evakuasi kebakaran lahan kosong, sampah hingga lahan pemakaman umum.

BACA JUGA:Sosialisasi 4 Pilar, Unila dan MPR RI Adakan Lewat Pagelaran Seni dan Budaya

Sedangkan untuk upaya penyelamatan, Anthony menyampaikan dari 35 total upaya penyelamatan  selama Oktober 2023 dimana paling banyak upaya penyelamatan pelepasan cincin ada 9 kali upaya penyelamatan.

"Dari 35 total upaya penyelamatan, 9 kali upaya penyelamatan pelepasan cincin berhasil dilakukan tim dinas damkarmat Bandar Lampung selama Oktober 2023 serta telah puluhan Evakuasi  mulai dari ular , biawak, sarang tawon, kucing, anjing, buaya, kuda, pohon tumbang, rumah hingga pohon tumbang," tambah Anthony.

BACA JUGA:Pj. Bupati Tanggamus Lampung Buka Konsultasi Publik II Penyusunan Dokumen KLHS RPJMD Tahun 2025-2030

Upaya pencegahan, Anthony, menyampaikan pesan, kepada masyarakat untuk berhati dengan api, jangan membakar sampah sembarangan, perhatikan lingkungan sekitar.

Selain itu, Anthony juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat apabila menemukan hewan berbahaya atau berbisa disekitar tempat tinggalnya agar tidak mengambil tindakan sendiri.

BACA JUGA:Perbandingan Infinix Zero 30 dan Infinix Zero 30 5G, Mulai Dari Spesifikasi Hingga Penawaran Harga

"Segera menghubungi pamong setempat atau instansi terkait dalam hal ini dinas damkar dan penyelamatan agar dapat ditangani dengan baik dan aman. Yang lebih penting lagi itu tidak membahayakan bagi masyarakat itu sendirian maupun orang lain dan sekitarnya," ucapnya.

Untuk itu, apabila ada info kebakaran atau penyelamatan bisa menghubungi (0721) 252741. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: