Tidak Selalu Harus Dilarang! Berikut Beberapa Manfaat Bermain Hujan Bagi Anak

Tidak Selalu Harus Dilarang! Berikut Beberapa Manfaat Bermain Hujan Bagi Anak

Ketika cuaca sedang hujan di luar, anak-anak kecil seringkali ingin bermain di bawah hujan dan mungkin akan merengek agar diberi izin. Sumber foto SehatQ.com--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Ketika cuaca sedang hujan di luar, anak-anak kecil seringkali ingin bermain di bawah hujan dan mungkin akan merengek agar diberi izin. 

Namun amankah bagi anak-anak untuk bermain hujan? Kabar baiknya, anaka-anak boleh-boleh saja bermain hujan, asalkan tidak membiarkan mereka terkana air hujan terlalu lama.

anak-anak sebaiknya tidak dibiarkan bermain hujan selama lebih dari satu jam, karena hal tersebut dapat meningkatkan risiko hipotermia.

Namun, jika tindakan ini dilakukan dengan batasan, seperti tidak membiarkan anak terlalu lama di bawah hujan, pastikan tidak ada petir, memastikan anak mengenakan pakaian yang sesuai,

BACA JUGA: 6 Ras Kucing dengan Telinga Lebar dan Besar

dan segera mandikan anak setelah bermain di hujan, Memang benar bahwa bermain hujan-hujanan dapat meningkatkan risiko anak terkena beberapa penyakit seperti infeksi saluran pernapasan atas,

demam tifoid, demam berdarah, dan hepatitis A. Walaupun begitu, orang tua perlu menyadari bahwa sebenarnya terdapat beberapa keuntungan yang bisa diperoleh ketika anak-anak bermain di bawah hujan.

Berikut ini beberapa manfaat dari bermain hujan bagi anak-anak :

BACA JUGA:Sudah Diguyur Hujan, Suhu Maksimum Harian di Lampung Masih Tinggi, Cek Daftar Lengkapnya

1. Meningkatkan Keterampilan Fisik

Ketika anak-anak bermain di luar ruangan, biasanya mereka mengasah keterampilan motorik kasar seperti berlari, melompat, dan memanjat. Saat cuaca hujan dan licin, mereka dihadapkan pada tantangan lebih besar untuk

menjaga keseimbangan, yang pada hal tersebut dapat meningkatkan koordinasi dan keterampilan motorik kasar mereka. Pengalaman motorik kasar ini juga membantu anak-anak melepaskan kelebihan energi.

Ketika bermain di tengah hujan, anak-anak juga melatih keterampilan berpikir, saat mereka mengelola risiko dan mengevaluasi berbagai aktivitas yang mereka lakukan.

Sebagai contoh, mereka berpikir apakah lebih sulit berjalan di atas rumput basah daripada di atas tanah yang lembab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: