Aktivasi IKD di Kota Metro Capai 11,92 Persen

Aktivasi IKD di Kota Metro Capai 11,92 Persen

Kepala Disdukcapil Kota Metro-Ruri Setiauntari-

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Metro, Lampung, mencatat aktivasi identitas Kependudukan Digital (IKD) di Bumi Sai Wawai mencapai 11,92 persen.  

Kepala Disdukcapil Kota Metro, Lampung, Ika Pusparini Anindita menyampaikan, untuk di Kota Metro, jumlah warga yang telah mengaktivasi Identitas Kependudukan Digital atau IKD sudah mencapai 15.447 orang.

BACA JUGA:Keren! Mahasiswa Unila Ikuti PMM Unpad

"Sampai awal November, sudah sekitar 11,92 persen, atau 15.447 orang. Kalau berdasarkan persentase, Kota Metro yang paling tinggi di Provinsi Lampung," ujarnya.

Dikatakan Ika, Kota Metro memang memiliki presentase paling tinggi untuk aktivasi IKD, tetapi untuk jumlah partisipasi masyarakat yang mengurus IKD terbanyak, Kota Bandarlampung.

BACA JUGA:KPU Pesisir Barat Terima 1.960 Bilik Suara

"Kalau secara persentase, memang kita tertinggi di Lampung, karena kota kecil. Tapi kalau jumlah yang paling banyak itu ya bandarlampung," ujarnya.

Ia menuturkan, sampai saat ini, belum ada wilayah setingkat kabupaten kota di Indonesia yangencapai target 25 persen.

BACA JUGA:Karya Bakti TNI 2023 Hasilkan 4 KM Jalan di Tiyuh Gunung Katun Tanjungan

"Kalau secara target nasional kita belum sampai. Karena memang belum ada kabupaten atau kota yang memenuhi target secara nasional, yang 25 persen itu," imbuhnya.

Ika mengatakan, karena presentase dan jumlah tersebut, Lampung memperoleh Dukcapil Prima.

BACA JUGA:DCT DPRD Mesuji Telah Diumumkan KPU, Bawaslu Buka Permohonan Sengketa

"Kalau untuk tingkat nasional itu baru tercapai dua persenan, kita sudah capai 11,92 persen. Karena itu, saat rakornas, Disdukcapil mendapatkam penghargaan dukcapil prima untuk tingkat Provinsi, karena pencapaian perekaman layanan adminduk kita yang tinggi," ungkapnya.

Dirinya mengatakan, Disdukcapil Kota Metro juga terus meningkatkan jumlah aktivasi IKD, dengan jemput bola ke sejumlah tempat, salah satunya di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kota Metro, Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: