Produk Inovasi UBL Terpilih Tampil di MIS 2023

Produk Inovasi UBL Terpilih Tampil di MIS 2023

Automatic Guided Vehicle (AGV) atau kendaraan berpemandu otomatis yang diberi nama Alto karya tim peneliti Prodi Teknik Mesin Universitas Bandar Lampung (UBL) akan tampil dalam ajang Merdeka Innovation Summit (MIS) 2023.--

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Automatic Guided Vehicle (AGV) atau kendaraan berpemandu otomatis yang diberi nama Alto karya tim peneliti Prodi Teknik Mesin Universitas Bandar Lampung (UBL) akan tampil dalam ajang Merdeka Innovation Summit (MIS) 2023.

Ajang MIS 2022 yang diadakan Kemendikbudristek ini bekerja sama dengan Forum CSR Indonesia serta Kerja Sama Dunia Usaha dan Kreasi Reka (Kedaireka) digelar di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Jakarta, 16-17 November 2023.

Ketua Tim Peneliti yang juga dosen Prodi Teknik Mesin UBL Muhammad Riza, Ph.D. menyatakan produk inovasi Alto akan tampil dalam MIS 2023.

''Produk inovasi kami Alto mendapatkan undangan khusus hasil seleksi dari ribuan produk inovasi untuk tampil di MIS 2023. Hanya lima produk kategori calon innovator yang terpilih. Bangga sekali rasanya produk inovasi karya tim Prodi Teknik Mesin UBL bisa terpilih dan tampil sejajar dengan produk kampus ternama lainnya, seperti ITS, ITB, dan UI,” kata Riza.

BACA JUGA:Intip Harta Ketua MKMK Jimly Asshiddiqie yang Bacakan Putusan Dugaan Pelanggaran Kode Etik Hakim

Pembuatan Alto, kata Riza, dilakukan oleh peneliti dan mahasiswa  Prodi Teknik Mesin  UBL yang di dalamnya terdapat disiplin ilmu mekatronika.

''Rancang bangun untuk AGV ini juga melibatkan peneliti dari ilmu komputer untuk menangani masalah perangkat lunak dan serta akademisi dari bidang ekonomi yang melakukan analisis kelayakan ekonomi. Teknologi ini digunakan untuk mengoptimalisasi kerja PT GMF AeroAsia dalam melakukan perawatan pesawat terbang,” ungkap Riza.

Diketahui produk AVG  yang diberi nama Alto hasil kerja sama UBL dengan PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia, anak usaha Garuda Indonesia yang menyediakan jasa perawatan, perbaikan, dan pemeriksaan pesawat terbang, juga sempat ditampilkan dalam even GMF Innovation Day 2023 di Hangar DC-9 PT GMF AeroAsia Tbk., Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lima produk kategori calon innovator yang terpilih untuk tampil dalam ajang MIS 2023.

BACA JUGA:Mudah Lelah Saat Hamil? Inilah 4 Tips Agar Bumil Selalu Semangat

1. Program Akselerasi Talenta Game Nasional untuk Mendukung Industri Game di Indonesia (UT/ACER).

2. BH Rancang Bangun Kendaraan Berpemandu Otomatis (AGV) untuk Distribusi dan Suplai Part pada Line Perawatan Pesawat di PT Garuda Maintenance Facility (UBL/GMF AeroAsia).

3. Pemetaan Potensi Lahan Pertanian untuk Mendukung Sistem Operasional dan Strategis Industri Tani Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi (ITS/Dinas Pertanian).

4. Perangkat Monitoring Pasien Cerdas dengan Arhythmia Detection (ITB/MIKI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: