Turun Dapil, Caleg DPR RI PSI Yohn Iricha Fatra Pilih Gelar Baksos Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Turun Dapil, Caleg DPR RI PSI Yohn Iricha Fatra Pilih Gelar Baksos Pemeriksaan Kesehatan Gratis

RADARLAMPUNG.CO.ID – Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI Dapil Lampung 1 dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Yohn Iricha Fatra menggelar bakti sosial (baksos) pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Baksos berupa pemeriksaan kesehatan gratis tersebut berlangsung di Pemangku Hamladangan, Pekon Sukabumi, Kec. Batu Brak, Lampung Barat.

Pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan salah satu kegiatan efektif yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Kami sengaja memilih untuk menggelar baksos pemeriksaan kesehatan gratis karena sangat efektif untuk dirasakan langsung oleh masyarakat," ungkap Yohn.

Caleg DPR RI dari PSI dengan Nomor Urut 4 ini menyebutkan, dalam setiap kampanyenya, dirinya berprinsip untuk menggelar kegiatan yang memang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. 

Bendahara DPW PSI Lampung itu mengatakan, kegiatan pemeriksaan gratis untuk masyarakat tersebut berbanding lurus dengan apa yang ingin dijalankan oleh PSI.

“Ke depannya kita ingin tidak ada lagi orang sakit yang tidak berobat tidak ada biaya, berobat itu harus gratis," ucapnya. 

"Kedua, ketersediaan obat itu harus cukup merata obat tersebut harus berkualitas dan terjangkau,” sambungnya.

Ia menyebutkan, sejatinya setiap warga negara Indonesia dapat mendapatkan fasilitas kesehatan memadai.

“Setiap orang Indonesia bahkan sejak dalam kandungan, selama orang tuanya orang Indonesia, ibunya orang Indonesia, dia berhak mendapatkan layanan kesehatan. Dan ini sesuai dengan amanah Undang-Undang Dasar kita,” ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan hak setiap masyarakat dalam mendapatkan fasilitas layanan kesehatan sudah diatur dalam konstitusi.

“Hak untuk mendapatkan layanan kesehatan ini menjadi apa yang menjadi cita-cita konstitusi. Jadi kalau dia adalah sebuah hak yang sudah dijamin oleh konstitusi, maka logika sederhananya tidak boleh ada transaksi dulu (iuran),” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: