6 Fakta Bahaya Begadang yang Kamu Harus Ketahui, Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan

6 Fakta Bahaya Begadang yang Kamu Harus Ketahui, Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan

Manusia modern adalah bagian dari masyarakat yang terbiasa begadang untuk belajar bekerja atau bahkan senang-senang dan menghibur diri. sumber pixabay--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Manusia modern adalah bagian dari masyarakat yang terbiasa begadang untuk belajar bekerja atau bahkan senang-senang dan menghibur diri.

Tanpa disadari kebiasaan begadang ini bisa menimbulkan konsekuensi buruk jangka pendek maupun jangka panjang.

Kesehatan fisik dan mental akan terpengaruh oleh kurangnya waktu tidur dan menimbulkan beberapa bahaya berikut ini :

1.Gangguan sistem saraf pusat 

BACA JUGA:Bakal Calon Kepala Daerah Partai Golkar Seluruh Lampung Diundang ke DPP, Ini Daftarnya

Susunan saraf pusat merupakan jalur utama yang dibutuhkan oleh seluruh tubuh, tidur yang cukup dibutuhkan agar jalur ini bisa berfungsi dengan benar.

Kebiasaan begadang bisa mengganggu cara tubuh mengirim dan memproses informasi, kurang tidur juga bisa menyebabkan kesulitan berkonsentrasi atau mempelajari hal baru.

Sinyal yang dikirim oleh tubuh juga bisa jadi terhambat sehingga mengurangi kemampuan koordinasi dan meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan.

Begadang juga bisa mempengaruhi kemampuan mental dan kondisi emosi stres negatif, kurang tidur bisa membuat orang menjadi tidak sabaran.

BACA JUGA:4 Tempat Wisata Horor di Yogyakarta, Bikin Bulu Kuduk Anda Berdiri

2.Melemahkan sistem kekebalan tubuh 

Saat kita tidur sistem imun memproduksi zat yang bertugas melindungi tubuh dan melawan infeksi yaitu antibody dan cytokine. 

Sistem imun memanfaatkan Zat  untuk melawan gangguan dari bakteri dan virus, kebiasaan begadang dan kurangnya tidur akan mencegah sistem imun.

Jika tubuh tidak mendapat cukup waktu tidur maka ia tidak bisa melawan gangguan benda asing dan memperlambat waktu pemulihan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: