Ini Dia 5 Daerah Pertambangan Minyak Terbesar di Indonesia, Dominan di Sumatera

Ini Dia 5 Daerah Pertambangan Minyak Terbesar di Indonesia, Dominan di Sumatera

Indonesia memang sudah dikenal dengan negara yang memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah sumber foto freepik--

BACA JUGA:3 Sifat dan 4 Fakta Medis Orang yang punya Golongan Darah A, Salah Satunya Beresiko

Pelaku produksi minyak dan pertambangan di daerah Kalimantan Timur khususnya balik papan langsung dikelola oleh Pertamina.

Karena menjadi salah satu daerah yang mampu menghasilkan minyak bumi dalam skala besar, Kalimantan Timur menjadi daerah pemasok BBM di Indonesia sebanyak 26 %.

3. Papua Barat

Di bagian timur wilayah Republik Indonesia, Ada Papua Barat yang menjadi penghasil Minyak bumi terbesar.

BACA JUGA:Tempat Ngopi Hits dan Kekinian di Bandar Lampung yang Mengusung Konsep Ala Bikers

Sebenarnya sumber daya alam yang dihasilkan oleh papua barat tidak hanya minyak bumi, tetapi Papua Barat Juga menghasilkan lainnya seperti Batu Bara, Emas, Gas alam, Tembaga dan beberapa lainnya.

Minyak yang dihasilkan sebanyak 14.811 Barel per harinya, miyak mentah yang diproduksi berasal dari beberapa daerah seperti Bintuni, Klamono, Linda, dan Salawati.

4. Jawa Timur

Produksi minyak bumi yang mampu dihiaslikan kilanhg minyak di jawa timur kurang lebih sebanyak 305 ribu barel perharinya.

BACA JUGA:APBD Lampung Disahkan, Belanja Daerah Dipatok Rp 8,333 Triliun

Blok pertambangannya juga ada di beberapa tempat yang sudah banyak diketahui masyarakat Indonesia seperti Cepu, Gresik, Tuban, Brantas, kangean, bawean dan Madura barat.

Blok cepu sendiri di kelola oleh ExxonMobil mapu menghasilkan kurang lebih 52.000 barel minyak mentah perharinya, dan 326 barel minyak kondesat.

Wilayah lainnya dikelola oleh perusahaan besar lain seperti, Hess, Kodeco Energy, Pertamina, Kangean Energy, Total, dan Petrochina.

5. Sumatra Selatan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: