Siap Lengkapi Alutsista Militer Indonesia, Yuk Simak Spesifikasi Helikopter S-70M Black Hawk

Siap Lengkapi Alutsista Militer Indonesia, Yuk Simak Spesifikasi Helikopter S-70M Black Hawk

Kekuatan TNI bakal makin kuat usai Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memborong 24 helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk guna menjaga NKRI. Foto: commons.wikimedia----

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kelengkapan Alat Utama Sistem Senjata atau Alutsista Indonesia bakal kembali lebih diperkuat.

Baru-baru ini, telah hadir delapan helikopter H255M. Nah, selain itu, helikopter S-70M Black Hawk pun akan menjadi armada baru di militer Indonesia.

Informasi tersebut menyeruak pasca Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan pembelian 24 unit helikopter itu pada Agustus 2023 lalu.

Transaksi helikopter satu ini dilakukan oleh Direktur Utama Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) Gita Amperiawan dan Vice President of Global Business Development Sikorsky, Lockheed Martin, Jeff White.

BACA JUGA:Jadi Alutsista Terbaru TNI AU, Kecanggihan Helikopter H255M Siap Membuat Negara Lain Minder

Tentunya, pembelian helikopter asal Amerika Serikat tersebut dilakukan guna memperkuat pertahanan militer RI.

Sampai saat ini, helikopter tersebut masih banyak dioperasikan oleh berbagai negara meski telah dikembangkan sejak tahun 1970-an. 

Laman Lockheed Martin menyebutkan, helikopter multi peran Black Hawk ini sudah digunakan oleh 34 negara selain AS lantaran dikenal sebagai helikopter yang andal dan tangguh.

Adapun Helikopter S-70 M Black Hawk merupakan 'keluarga' helikopter angkut menengah/utilitas Amerika yang diproduksi oleh Sikorsky Aircraft.

BACA JUGA:Heboh Anggaran Alutsista Tahun 2024 Naik Menjadi US$ 25 Miliar, Menkeu Sri Mulyani Ungkap Alasannya

Awalnya, pesawat ini dikembangkan guna dioprasionalkan Angkatan Darat Amerika Serikat pada tahun 1970-an.

Istimewanya, helikopter AS ini bisa melakukan beragam misi, seperti kavaleri udara, peperangan elektronik, dan evakuasi aeromeds.

Bahkan, S-70M Black Hawk sanggup mengangkut beban hingga 4.695 kg, menempuh jarak 520 km-1.528 km, serta melaju dengan kecepatan maksimal 268 km/jam.

Terkait persenjataan, S-70 dibekali dengan misil Hellfire, rocket 70 mm, senapan mesin kaliber 12,7 mm, weapons management system, hingga day/night heads up display.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: