Wajib Dicoba! 8 Kuliner Legendaris Paling Terenak di Jawa Timur

Wajib Dicoba! 8 Kuliner Legendaris Paling Terenak di Jawa Timur

Kuliner legendaris paling terenak di Jawa Timur. -FOTO/PEXELS-COM-pexels

RADARLAMPUNG.CO.ID - Saat liburan ke Jawa Timur jangan lupa untuk berkunjung ke tempat kuliner legendaris paling terenak yang memiliki beragam menu makanan khas mulai dari pecel, sate hingga lontong.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah rekomendasi kuliner legendaris paling terenak di Jawa Timur yang harus dicoba.

1. Pos Ketan Legenda 1967

Pos Ketan Legenda 1967 adalah salah satu kuliner legendaris di Jawa Timur. Disini para pengunjung bisa menyantap ketan putih pulen yang diberi aneka topping seperti original ketan kelapa dan ketan bubuk kelapa yang terasa gurih dan nikmat.

Selain itu, ada juga ketan ayam pedas yang harus dicoba, kemudian terdapat juga ketan kelapa gula merah, ketan susu keju, ketan pisang meises susu vla yang nikmat dengan harga cukup terjangkau.

BACA JUGA:11 Wisata Danau di Lampung, Ada yang Lokasi Hanya 1 Jam dengan Sumatera Selatan

Pos Ketan Legenda 1967 berlokasi di Jalan Kartini No. 6, Ngaglik, Sisir, Batu, Jawa Timur.

2. Pecel Kawi Malang Hj. Musilah

Pecel Kawi Malang Hj. Musilah merupakan kuliner legendaris di Jawa Timur. Tempat makan ini sudah berdiri sejak tahun 1975.

Pecel Kawi ini sedikit berbeda dengan pecel biasa karena seporsi nasi pecel di sini sangat murah sehingga cocok dijadikan untuk sarapan ataupun makan siang.

Untuk isi pecel ini terdiri dari nasi ditambah sayur kangkung, tauge, kacang panjang, tempe, kembang turi dan rempeyek. Lalu disiram dengan bumbu pecel sehingga memiliki rasa gurih pedas yang nikmat.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Kuliner Legendaris Terkenal di Surabaya, Ada Rujak Cingur Hingga Nasi Babat

Pecel Kawi Malang Hj. Musilah berlokasi di Kawi Kios No. 43B, Bareng, Klojen, Jawa Timur.

3. Warung Sate Gebug

Warung Sate Gebug adalah kuliner legendaris di Jawa Timur yang sudah ada sejak tahun 1920. Tempat makan ini memiliki bangunan peninggalan era kolonial Belanda yang masih kokoh berdiri sehingga bangunan tersebut menjadi tempat berjualan sate hingga sekarang.

Di sini tersedia menu sate gebug dengan cita rasa yang khas karena memakai bahan berkualitas. Tak hanya sate, pengunjung juga bisa menyantap rawon, soto dan sop dengan harga cukup terjangkau.

Warung Sate Gebug berlokasi di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Klojen, Jawa Timur.

BACA JUGA:Cafe Instagramable dan Cozy yang Mengusung Konsep Santorini di Bandar Lampung

4. Depot Tahu Lontong Lonceng

Depot Tahu Lontong Lonceng merupakan kuliner legendaris di Jawa Timur yang sudah ada sejak tahun 1935. Meskipun tempatnya sederhana, namun cukup untuk mencicipi rasa penasaran akan kuliner legendaris di kota ini.

Di sini hanya ada tiga menu saja yaitu tahu telor nasi, tahu telor lontong dan tahu lontong biasa. Untuk sajian masakan ini cukup menarik karena menggunakan sambal petis di dasar piring, ditutup irisan lontong serta ditaburi tahu telur.

Tahu lontong ini memiliki rasa gurih manis bumbu kacang dan sambal petis yang lezat dengan harga cukup terjangkau cocok untuk makan bersama keluarga ataupun kerabat dekat.

Depot Tahu Lontong Lonceng berlokasi di Jalan R.E. Martadinata, Kotalama, Kedungkandang, Jawa Timur.

BACA JUGA:125 Tempat Wisata Yogyakarta Jadi Rekomendasi Liburan Akhir Tahun, Dari Wisata Alam Hingga Kuliner Legendaris

5. Warung Ronde Titoni

Warung Ronde Titoni ini adalah tempat makan legendaris di Jawa Timur yang dicari para pecinta kuliner. Warung ronde ini berawal dari ronde pikulan yang dijual Abdul Hadi pada tahun 1948.

Sejak tahun 1988 hingga kini kuliner ini menempati tempat sederhana dan diteruskan oleh generasi kedua. Warung di sini sederhana, namun menu wedang cukup beragam seperti wedang ronde, ronde kering dan basah hingga aneka cemilan seperti kue bantal dan cakwe dengan harga yang murah.

Warung Ronde Titoni berlokasi di Jalan Zainul Arifin No. 17, Sukoharjo, Klojen, Jawa Timur.

6. Warung Lama Haji Ridwan

BACA JUGA:10 Desa Terindah di Dunia Jadi Tujuan Wisata Akhir Tahun, Disebut Negeri Dongeng hingga Ada Penampakan Aurora

Warung Lama Haji Ridwan merupakan kuliner legendaris di Jawa Timur. Berawal dari jualan nasi rawon keliling hingga kini Haji Ridwan membuka kios di dalam pasar besar sejak tahun 1925.

Untuk masakan khas Jawa Timur menggunakan resep warisan keluarga. Di sini ada beberapa menu makanan seperti sate komoh sapi, sate usus sapi, nasi rawon, nasi gulai daging sapi dan nasi campur yang paling disukai para pengunjung dengan harga cukup terjangkau.

Warung Lama Haji Ridwan berlokasi di Pasar Besar Malang Lantai Dasar Unit B15-16, Jl. Pasar Besar, Sukoharjo, Klojen, Jawa Timur.

7. Bakso President

Bakso President adalah salah satu kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1973. Tempat makan ini unik karena tepat di tepi rel kereta sehingga pengunjung bisa makan sambil melihat kereta.

BACA JUGA:Cek Promo Hotel Murah di Jawa Timur Hari Ini, Lengkap Dengan Tarif Per Malam

Bakso President memiliki tekstur lembut dan kenyal dam ditambah kuah kaldu yang gurih. Untuk varian baksonya cukup lengkap mulai dari bakso biasa, bakso goreng, bakso urat, pangsit dan tahu.

Bakso President berlokasi di Jalan Batanghari No. 5, Rampal Celaket, Klojen, Jawa Timur.

8. Depot Han Tjwan Sing

Depot Han Tjan Swing atau HTS sudah berdiri sejak tahun 1927, Han Tjwan Sing perintis depot ini berawal dari menjual jamu dan kue setelah berhenti dari pekerjaannya.

Di sini tersedia onde-onde yang menjadi menu andalan yang isinya terdiri dari kacang hijau dan kacang merah. Selain itu, ada menu lainnya seperti nasi rawon merah khas HTS, nasi tim kambing dan es kelapa kopyo yang segar.

BACA JUGA:Pulang ke Lampung dan Majukan Kampung, Direktur Radar Banten Bangun Taman Wisata Edukasi

Depot Han Tjwan Sing berlokasi di Jalan DR. Wahidin No. 123, Krajan, Kalirejo, Lawang, Jawa Timur.

Selamat mencoba, demikianlah ulasan mengenai beberapa kuliner legendaris paling terenak di Jawa Timur yang harus dicicipi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: