4 Sekolah Kedinasan TNI dan Polri, Ada Akademi Militer Hingga Akademi Kepolisian

4 Sekolah Kedinasan TNI dan Polri, Ada Akademi Militer Hingga Akademi Kepolisian

Sekolah kedinasan TNI/Polri. FOTO TANGKAPAN LAYAR/INSTAGRAM @info.akmil--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berikut ini merupakan sekolah kedinasan berbasis militer yang belajar layaknya perwira TNI/Polri yang dapat dijadikan sebagai referensi perguruan tinggi ikatan dinas untuk melanjutkan pendidikan.

Terdapat beberapa sekolah ikatan dinas yang direkomendasikan karena menjanjikan masa depan yang cerah bagi siapa saja yang belajar di sana.

Tak hanya sekadar mendapatkan pangkat sebagai perwira TNI atau Polri, namun juga memiliki gaji pokok dan tunjangan yang tentunya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Setidaknya ada 4 (empat) sekolah kedinasan militer yang dapat dikenal sebagai referensi perguruan tinggi kedinasan militer yang popular di kalangan siswa Sekolah Menengah Atas.

BACA JUGA:5 Prodi yang Diajarkan di Akademi Militer, Lengkap Dengan Pangkat yang Dimiliki saat Menempuh Pendidikan

1. Akademi Militer (Akmil) Magelang

Sebelum menjadi seorang Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Angkatan darat, maka ia harus menempuh pendidikan militer terlebih dahulu di Akademi Militer.

Sebagai taruna Akmil, nantinya orang tersebut akan menyandang pangkat sejak awal masuk hingga lulus.

Di tahun pertama, taruna akan menyandang pangkat sebagai pratar atau prajurit taruna, yang merupakan pangkat terendah di lingkungan Akademi Militer.

BACA JUGA:Mengenal Urutan Pangkat Taruna Akademi Militer Sebagai Calon Perwira TNI

Namun demikian pangkat ini baru naik lagi menjadi Kopral taruna setelah pratar berhasil lulus latihan RPS dari survival selama 4 bulan.

Dan pangkat tersebut akan disandang selama kurang lebih 9 bulan, yang akan diisi dengan 70 persen latihan lapangan dan 30 persen teori.

Kemudian di tahun kedua, para taruna akan naik pangkat menjadi Sersan Taruna atau Sertar yang akan disandang selama 12 bulan. 

Lalu di tahun ketiga akan mengalami kenaikan pangkat menjadi Sersan Mayor Dua Taruna atau Sermadatar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: