Mengulik Sejarah Singkat Akademi Kepolisian Hingga Urutan Pangkat Menjadi Taruna Akpol

Mengulik Sejarah Singkat Akademi Kepolisian Hingga Urutan Pangkat Menjadi Taruna Akpol

Akademi Kepolisian (Akpol). FOTO NET--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berikut ini merupakan catatan Sejarah singkat dari perguruan tinggi kedinasan Akademi Kepolisian. Mulai dari Sejarah hingga urutan pangkat yang akan disandang oleh para taruna Akpol selama menempuh pendidikan hingga lulus.

Untuk mengetahui informasi lengkapnya mulai dari Sejarah singkat Akademi Kepolisian, urutan kepangkatan, dan lain sebagainya, simak penjelasan berikut ini:

Sejarah Singkat Akademi Kepolisian

Akademi Kepolisian atau Akpol merupakan sebuah Lembaga pendidikan tinggi yang didirikan untuk mencetak perwira terbaik Kepolisin Republik Indonesia.

BACA JUGA:Perbedaan Akademi Militer dan Akademi Kepolisian, Mulai Dari Visi Misi Hingga Urutan Pangkat Taruna

Sekolah ikatan dinas ini adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan perwira Polri. Dan berada di bawah Kepala Lembaga Pendidikan Polri atau Kalemdikpol.

Adapun tujuan diselenggarakannya pendidikan pembentukan perwira Polri dengan masa pendidikan4 tahun ini didasarkan pada Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010.

Tonggak berdirinya Akademi Kepolisian berawal dari pasca proklamasi kemerdekaan 17 Agustus1945. Dimana para cendikiawan bangsa mengambil alih kekuasaan pendidikan dari tangan Jepang. 

Termasuk juga pendidikan kepolisian yang pada masa itu dikenal sebagai ‘Jawea Keisatsu Gakka’. Dan kemudian diganti menjadi Sekolah Polisi Negara RI di Sukabumi.

BACA JUGA:Doa Ketika Menghadapi Kesusahan, Amalkan Supaya Diberi Keberkahan Berlimpah oleh Allah SWT

Kemudian namanya berubah menjadi Akademi Kepolisian setelah turunnya Surat Keputusan Presiden No. 253/1959 pada 10 Juli 1959.

Memasuki periode dalam Sejarah reformasi di Indonesia, Akademi Kepolisian kembali mengalami perubahan setelah dikeluarkannya Surat Keputusan Kapolri dengan No.Pol: Skep/389/lV/1999 tertanggal 9 April 1999.

Adapun isinya yaitu tentang Akademi Kepolisian Mandiri. Sehingga sejak 10 April 1999 Akpol dinyatakan terpisah dari Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL), dan Akademi Angkatan Udara (AAU). Dan secara teknis administrasi pun membuat Akpol lepas dari Mako Akademi TNI.

Lokasi Akademi Kepolisian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: