Keutamaan Berdoa di Hari Jumat, Amalkan Agar Dilimpahkan Keberkahan oleh Allah

Keutamaan Berdoa di Hari Jumat, Amalkan Agar Dilimpahkan Keberkahan oleh Allah

Keutamaan berdoa di hari Jumat. ILUSTRASI/FREEPIK--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berikut ini merupakan keutamaan dari berdoa di hari Jumat, yang dapat diamalkan agar senantiasa dilimpahkan keberkahan oleh Allah SWT.

Begitu istimewanya hari Jumat disebabkan banyak keutamaan di sisi Allah. Sehingga kita sebagai umat Islam semestinya memperbanyak amalan yang dianjurkan.

Terdapat beberapa amalan di hari Jumat yang disunnahkan, mulai dari doa harian maupun kumpulan doa Islam lainnya.

Amalan yang disunnahkan untuk dilakukan pada hari Jumat mulai dari membaca Al Qur’an Surah Al Kahfi minimal pada ayat 1 sampai 10.

BACA JUGA:Doa Ketika Kesulitan Rezeki, Amalkan Agar Diberikan Kemudahan oleh Allah Dalam Mencari Harta yang Halal

Sebagaimana dalam sebuah hadits riwayat Ad Darimi,”Barangsiapa yang memaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah,”.

Ada juga hadits riwayat An Nasa’I dan Baihaqi yaitu “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat. Maka dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat,”.

Kemudian memperbanyak berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, karena hari ini merupakan salah satu waktu mustajab untuk berdoa.

“Pada hari Jumat ada 12 jam. Di antaranya ada satu waktu apabila ada seorang muslim yang memohon (berdoa) kepada Allah di waktu itu, niscaya akan Allah berikan. Arilah waktu itu di penghujung hari setelah Ashar,” (HR Abu Dawud).

BACA JUGA:Resep Alami Atasi Batuk Berkepanjangan, Cuma Modal 4 Bahan yang Mudah Ditemukan di Dapur

Selain itu juga pada hari Jumat sudah sepatutnya memperbanyak shalawat yang ditujukan kepada Baginda Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam.

Lalu bagi kaum laki-laki disunahkan agar mengenakan pakaian terbaik dan menggunakan wewangian atau parfum. Kemudian segera menghadiri shalat Jumat.

Di sisi lain, keutamaan hari Jumat di dalam agama Islam juga berkaitan dengan hari dimana diciptakannya Nabi Adam AS. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits:

“Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jum’at. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke dalam surga, dan dikeluarkan daripadanya, dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat,” (HR Muslim).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: