Arinal: Sektor Kelautan dan Perikanan Penggerak Perekonomian Masyarakat Provinsi Lampung

Arinal: Sektor Kelautan dan Perikanan Penggerak Perekonomian Masyarakat Provinsi Lampung

Sektor Kelautan dan Perikanan Penggerak Perekonomian Masyarakat Provinsi Lampung--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kabupaten Lampung Timur merupakan sentra produksi perikanan tangkap yang menyumbang 42,4% produksi Provinsi Lampung. 

Itu termasuk komoditas rajungan yang merupakan salah satu komoditas ekspor perikanan penting setelah udang.

Hal itu disampaikan Gubernur Lampung Arinal Junaidi saat peringatan hari ikan nasional tingkat Provinsi di Kuala Penet Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur, Jumat 8 Desember 2023.

Menurutnya, sektor kelautan dan perikanan merupakan salah satu penggerak perekonomian masyarakat Lampung.

BACA JUGA:Bawa Chipset MediaTek Dimensity 8050, Cek Spesifikasi dan Harga Infinix Note 30 VIP Racing Edition

"Sektor tersebut memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan,"kata Arinal dalam acara yang juga dihadiri Direktur Logistik Kementerian Kelautan dan Perikanan Ines Rahmania dan Wakil Bupati Lamtim Azwar Hadi.

Arinal memaparkan, produksi perikanan Provinsi Lampung tahun 2022 mencapai 348 ribu ton. Itu terdiri dari perikanan tangkap 157 ribu ton dan perikanan budidaya 191 ribu ton.

Dari jumlah tersebut volume ekspor hasil perikanan Provinsi Lampung naik 11,06 % menjadi 20.525 ton dengan nilai ekspor mencapai Rp2,63 triliun.

Lebih lanjut Arinal menjelaskan, tahun 2023 ini sudah ditetapkan dua kawasan konservasi baru oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP).

BACA JUGA:Penjualan AC SHARP Capai 80 Ribuan Per Bulan

Kedua kawasan tersebut berada di Kabupaten Lampung Timur, diantaranya Kawasan Konservasi Perairan di Wilayah Way Kambas dan Kawasan Konservasi Perairan di Wilayah Pulau Batang dan Pulau Segama.

Kesempatan yang sama Direktur Logistik Kementerian Kelautan dan Perikanan Ines Rahmania menjelaskan tentang pentingnya kolaborasi antar-daerah dalam mengoptimalkan potensi kelautan dan perikanan.

"Pemerintah pusat mendukung kelangsungan dan sektor perikanan di Provinsi Lampung sebagai aset nasional,"jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi menjelaskan, Kecamatan Labuhan Maringgai mempunyai potensi perikanan air payau seluas 8.700 hektar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: