Keren! Unila dan BSSN Bersinergi Dorong Transformasi Digital

Keren! Unila dan BSSN Bersinergi Dorong Transformasi Digital

Upaya mendorong transformasi digital, Universitas Lampung (Unila) dan Badan Sertifikasi (BSrE) Komunikasi Publik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melakukan penandatanganan kerja sama.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Upaya mendorong transformasi digital, Universitas Lampung (Unila) dan Badan Sertifikasi (BSrE) Komunikasi Publik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melakukan penandatanganan kerja sama.

Kerjasama ini, tentang Sertifikat Elektronik dan Tanda Tangan Digital, di Hotel Bukit Randu, pada Kamis, 7 Desember 2023.

Peralihan sertifikat konvensional menuju sertifikat elektronik didasari pada Peraturan Pemerintah Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE) 71/2019 Pasal 51 tentang penyelenggaraan sistem elektronik.

Sertifikat elektronik merupakan sertifikat yang memuat tanda tangan elektronik dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak dalam transaksi elektronik yang dikeluarkan penyelenggara sertifikat elektronik.

BACA JUGA:Unila Gelar IR-EXHIBITION dengan Menampilkan Karya Seni dan Sosialisasi Gender Equality

Brigjen TNI Berty B.W. Sumakud, selaku Kepala Biro Hukum dan BSSN mengapresiasi Unila dalam transformasi tanda tangan konvesional ke tanda tangan digital.

Ia menekankan, tanda tangan digital tidak hanya membantu efisiensi administrasi tetapi juga berpotensi meningkatkan keamanan siber.

"Dengan adanya tanda tangan digital, diharapkan Unila dapat berkontribusi terkait keamanan siber, menjadikannya langkah proaktif dalam melindungi data dan informasi penting," ujarnya.

Selanjutnya Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat Budi Sutomo, S.Si., M.Si., menyampaikan, adanya PKS hari ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pelayanan publik di lingkungan kampus khususnya bagi mahasiswa, dosen, dan staf.

BACA JUGA:Rilis Tahun Depan, Ini Spesifikasi Samsung Galaxy A55 5G, Mulai Dari Chipset Exynos 1480 Hingga RAM Besar

"Saya berharap efisiensi dalam proses administrasi dapat terjadi, sehingga fokus dapat lebih terarah pada kegiatan akademis dan penelitian," ungkapnya.

Setelah sesi sambutan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan secara digital oleh Wakil Rektor bidang Perencanaan Kerja Sama dan TIK Dr. Ayi Ahadiyat, S.E., M.B.A., secara daring, diikuti Brigjen. TNI Berty B.W. Sumakud dan Jonathan Gerhard Tarigan, S.ST.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan focus group discussion (FGD) mengenai penerapan sertifikasi dan tanda tangan elektronik oleh Jonathan Gerhard Tarigan, S.ST., selaku Kepala Balai Sertifikasi BSSN.

Menurutnya, proses ini menjadi langkah awal dalam meningkatkan transformasi digital, serta mencerminkan komitmen Unila untuk terus berinovasi dalam mendukung perkembangan teknologi, sekaligus memberikan pengalaman administratif yang lebih baik bagi seluruh pihak di kalangan universitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: