KPU Tanggamus Lampung Membuka Pendaftaran KPPS, Ini Besaran Honor yang Bakal Diterima

KPU Tanggamus Lampung Membuka Pendaftaran KPPS, Ini Besaran Honor yang Bakal Diterima

KPU Tanggamus, Lampung membuka rekrutmen pendaftaran untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024. ILUSTRASI/FOTO FREEPIK--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamus, Lampung membuka pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024.  

Komisioner KPU Tanggamus Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Amhani menyebutkan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan pemkab dan stakeholder terkait.

Tujuannya agar rekrutmen yang sudah berjalan bisa tercapai sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

"Seiring tahapan pembentukan KPPS, KPU Tanggamus segera berkoordinasi dengan pemda dan stakeholder terkait. Seperti Dinas Kesehatan agar memfasilitasi dan melayani masyarakat yang akan memenuhi syarat SKS,” sebut Amhani dalam keterangan tertulis. 

BACA JUGA: Pendaftaran KPPS di Mesuji Dibuka, Segini Besaran Gaji Ketua dan Anggotanya

Terkait Linmas, pihaknya juga segera menyampaikan jumlah kekurangan personel dari tiap TPS.

Kemudian untuk surat edaran sekretaris kabupaten terkait pelarangan untuk guru ASN dan non ASN agar dapat dtinjau ulang dengan surat terbaru dan dikuatkan oleh Ketua DPRD dan bakal ditinjau ulang oleh Penjabat Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan. 

KPU juga secara berjenjang melalui PPK dan PPS akan merekrut KPPS dengan memasifkan pengumuman lewat sosialisasi.

Sasarannya masyarakat umum untuk berpartisipasi aktif sebagai petugas KPPS, sepanjang memenuhi syarat yang telah ditentukan melalui Surat Keputusan KPU Nomor 467 Tahun 2022.

BACA JUGA: KPU Tanggamus Lampung Siapkan Titik Pemasangan APK Sosialisasi Parpol, Capres-Cawapres dan DPD

Pada bagian lain Kabag Hukum dan SDM KPU Tanggamus Bannatul Khoiriyah mengatakan, kebutuhan KPPS disesuaikan dengan jumlah TPS yang ada di 302 pekon dan kelurahan.

"Masing masing TPS kebutuhannya tujuh orang. Terdiri dari ketua dan anggota KPPS. TPS di Tanggamus sebanyak 1.887 TPS. Artinya ada 13.209 KPPS yang dibutuhkan." Urai Bannatul. 

Dilanjutkan, kebutuhan KPPS itu belum termasuk dua orang yang diperbantukan sebagai Linmas. 

Namun untuk Linmas, saat ini sudah ada di masing-masing pekon. Tinggal diusulkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: