Debat Capres: Anies Singgung Milenium Cawapres, Prabowo Ungkap Pemimpin Sejuk, Ganjar Hasil Keliling Indonesia

Debat Capres: Anies Singgung Milenium Cawapres, Prabowo Ungkap Pemimpin Sejuk, Ganjar Hasil Keliling Indonesia

KPU RI menggelar debat pertama calon Presiden RI periode 2024-2029, pada Selasa malam, 12 Desember 2023 lalu.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melaksanakan debat pertama calon Presiden RI periode 2024-2029, pada Selasa malam, 12 Desember 2023.

Debat yang dilakukan di Kantor KPU RI ini merupakan debat pertama dari lima debat yang akan diselenggarakan oleh KPU RI.

Tema yang diusung pada debat pertama yakni terkait Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.

Di awal debat, ketiga calon Presiden RI menyampaikan visi misi masing-masing selama empat menit.

BACA JUGA:Chandra Inn Berbagi Kasih di SLB Pelita Kasih

Anies Rasyid Baswedan mengatakan, negara hukum sebagai rujukan utama untuk memastikan hadir rasa keadilan, memberikan kebermanfaatan, dan memberikan kepastian kepada semua.

Tentunya, kata dia, hal tersebut harus dipegang teguh oleh pemegang kekuasaan baik yang di puncak dan seluruh jajarannya.

"Tapi apa yang terjadi, banyak aturan ditekuk sesuai dengan kepentingan yang sedang memegang kekuasaan apakah ini akan diteruskan? Tidak ini harus diubah," tegasnya.

Kata Anies Rasyid Baswedan, saat ini tatanan menyelenggarakan pemerintahan sering tidak sesuai dengan prinsip-prinsip hukum yang dipegang.

BACA JUGA:KPU Tanggamus Lampung Membuka Pendaftaran KPPS, Ini Besaran Honor yang Bakal Diterima

"Karena itulah kami melihat perubahan ini harus kita kembalikan negara ini adalah negara hukum, bukan negara kekuasaan. Dalam negara hukum kekuasaan diatur oleh hukum. Dalam negara kekuasaan hukum diatur oleh penguasa," ungkapnya.

"Pada saat ini kalau kita lihat hukum itu harusnya tegak dalam kenyataannya karena itu kita mendorong perubahan, mengembalikan hukum menjadi tegak kepada semua pihak," sambungnya.

Aniesjuga menyiapkan bahwa ada satu orang milenial bisa menjadi calon wakil presiden. Tetapi ada ribuan milenial, generasi z yang peduli pada anak-anak bangsa. 

"Mereka yang termarjinalkan ketika mereka mengungkapkan pendapat ketika mereka mengkritik pemerintah justru mereka sering dihadapi dengan kekerasan, dihadapi dengan benturan, dan bahkan gas air mata," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: