Terapkan Inovasi Energi Terbarukan, Teknokrat Sukses Ciptakan Mobil Listrik Gokart

Terapkan Inovasi Energi Terbarukan, Teknokrat Sukses Ciptakan Mobil Listrik Gokart

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dosen Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) menghasilkan karya inovasi pusat unggulan Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan membuat mobil listrik jenis gokart dalam upaya mendukung mobilitas berkelanjutan.

Inovasi tersebut merupakan hasil riset pusat unggulan EBT guna mendukung Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Mobil gokart menjadi fokus riset yang dilakukan Pusat Unggulan EBT tersebut. Gokart tersebut dibuat menggunakan kerangka standar CIK FIA.

Dalam melakukan riset gokart tersebut, Pusat Unggulan EBT Teknokat di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UTI yang diketuai oleh Novia Utami Putri, MT. dan anggotanya Elka Pranita, MT serta Ernando Rizki Dalimunthe, MT. itu dibantu oleh Tim TVC Hanasta (tim mobil listrik teknokrat) yang beranggotakan 10 orang sekaligus mahasiswa prodi S1 Teknik Elektro Universitas Teknokrat Indonesia.

BACA JUGA:Bacaan Niat Salat Dhuha, Lengkap Dengan Makna dan Doa Sesudah Salat

Motor penggerak gokart di sini dapat melaju hingga 120 kilometer per jam dan untuk komponen utama electricalnya yaitu motor BLDC, baterai, dan Kontroler votol.

Gokart tersebut telah dirancang untuk menunjukkan potensi kendaraan listrik dalam dunia balap.

Dengan demikian Tim TVC Hanasta berhasil lolos ke babak final Kompetisi Nasional Electric Karting Race (Go Kart EV) Kelas Senior, tanggal 15-17 Desember 2023 di Sirkuit Electric Vehicle (EV) PUPR Bandung.

Kejuaraan gokart listrik pertama yang akan digelar di Circuit Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, juga menjadi salah satu langkah nyata dalam mendukung visi Pusat Unggulan E EBT dalam mempercepat adopsi dan implementasi solusi energi ramah lingkungan.

BACA JUGA:Baru Rilis di Vietnam, Cek Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A25 Terbaru 2023

Fitur utama dari mobil listrik gokart ini melibatkan penggunaan sumber energi terbarukan, menjadikannya ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Baterai inovatif dan sistem pengisian daya cepat memastikan ketersediaan energi yang andal, sementara mesin listrik memberikan kinerja tinggi tanpa meninggalkan emisi berbahaya.

Dalam pernyataannya, Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahtahir Muhammad, SE., MM. menyampaikan kebanggaannya atas capaian tim pusat unggulan EBT.

“Mobil listrik gokart ini adalah bukti nyata bahwa Teknokrat berkomitmen untuk terus berinovasi dalam mendukung perubahan menuju energi terbarukan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: