Pameran Bank Sampah Binaan Lampung dan Sumatera Selatan, BNI 46 Gandeng Pemkot Metro Gelar Nature dan Harmony

Pameran Bank Sampah Binaan Lampung dan Sumatera Selatan, BNI 46 Gandeng Pemkot Metro Gelar Nature dan Harmony

BNI Berperan serta dalam kegiatan apresiasi dan pameran bank sampah binaan Lampung dan Sumatera Selatan . //Foto.BNI KC Metro.--

RADARLAMPUNG.CO.IDBNI 46 berpartisipasi dalam Pameran Bank Sampah Binaan Lampung & Sumatera Selatan dengan menggelar Nature And Harmony.

Kegiatan tersebut berkolaborasi (gandeng) dengan Pemkot Metro yang berlangsung pada hari Sabtu, 16 Desember 2023 di Kota Metro.

Ari Masdianto Purnomo, Area Head 4 BNI Wilayah 03 (Provinsi Lampung & Bengkulu) melalui Syamsu Wijaya Kusuma selaku Branch Manager BNI Kantor Cabang Metro, menyampaikan bahwa Pameran Bank Sampah Binaan Lampung & Sumatera Selatan ini merupakan bagian dari Kerjasama City Pilot Project Waste Management Coca-Cola Europacific Partners Indonesia dengan BNI 46 yang telah berlangsung sejak tahun 2022.

BACA JUGA:Bentuk Lanjutan HUT ke 77 Tahun & Implementasikan Program TJSL, BNI Tanam 100 Bibit Pohon Kelengkeng di ITERA

Sejak tahun 2022, BNI 46 telah melakukan pendampingan bersama-sama Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro dan Tim Penggerak PKK Kota Metro. 

Yakni, mendirikan bank sampah di tingkat kelurahan dengan melibatkan ibu-ibu PKK sebagai penggerak untuk memulai kebiasaan baru, yaitu "Pilah Sampah Dari Rumah".

"Gerakan ini dimaksudkan untuk membantu pemerintah dalam upaya mengurangi sampah dari sumbernya berbasiskan kewilayahan yang melibatkan community", tambah Syamsu. 

Hasilnya, telah terbentuk 22 Bank Sampah Unit yang telah menjadi Agen46 dan tersebar di seluruh kelurahan di Kota Metro. Peran Bank Sampah telah berhasil mengurangi beban sampah ke TPA setiap bulannya yang dipilah dan diolah sehingga menjadi bahan baku baru dan menciptakan ekonomi sirkular di tengah masyarakat.

BACA JUGA:BNI Keluarkan Kartu TapCash Spesial NCT 127 '2 Badles'

Kegiatan apresiasi dan pameran yang bertajuk Nature and Harmony ini berlangsung di Cagar Budaya Taman Rumah Wedana Metro.

Rais Gunawan, Branch Business Manager BNI Kantor Cabang Tanjungkarang menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat berupa inisiatif pengurangan sampah yang dapat menciptakan ekonomi sirkular yang ramah lingkungan.

Lalu, memperkenalkan teknologi sederhana dari berbagai perguruan tinggi di Sumbagsel, memperkuat kolaborasi nona helix stakeholder dan menyampaikan  pesan lingkungan melalui seni dan budaya. 

Untuk diketahui, selain gelar apresiasi dan pameran acara yang berlansung satu hari penuh juga menghadirkan beragam Talkshow dan Workshop yang diinisiasi BNI 46, KITA BISA “ Bicara Sampah “ dengan nara sumber dari berbagai stakeholder a.l, Pemerintah, NGO, Akademisi, Dunia Usaha, Komunitas, Lembaga Perbankan dan Keuangan, Media, Key Opinion Leader dan masyarakat.

BACA JUGA:Begini Syarat Terbaru Ajukan Pinjaman KUR Puluhan Juta di Bank BNI, Dijamin Prosesnya Mudah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: