Dewan Prihatin Angka HIV AIDS di Bandar Lampung Jadi yang Tertinggi

Dewan Prihatin Angka HIV AIDS di Bandar Lampung Jadi yang Tertinggi

Ilustrasi HIV.-Pixabay-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Anggota Komisi IV DPRD Kota Bandar Lampung Febriani Piska turut prihatin atas tingginya kasus HIV Aids di Bandar Lampung.

"Tentu kami prihatin sekali, kalau data itu memang benar, mengapa kasus itu bisa sangat tinggi di Bandar Lampung," katanya melalui sambungan telpon, Senin, 18 Desember 2023.

Menurutnya, Dinas Kesehatan harus menyampaikan data dengan sebenar-benarnya agar hal tersebut menjadi gamblang dan ditangani secepatnya.

Dengan harapan, jumlah orang dengan penderita HIV Aids di Bandar Lampung tidak bertambah banyak lagi.

BACA JUGA:WCI Sebut Jumlah Orang Dengan HIV Aids Terbanyak Ada di Bandar Lampung

"Jadi kalau saya nggak salah kemarin itu ada pengajuan anggaran tentang itu. Sudah ada juga untuk penanganan HIV itu, tapi besarannya saya lupa. Tapi ada anggarannya," ungkapnya.

Dirinya berharap Pemkot dapat maksimal menangani kasus-kasus seperti ini, dengan yang pertama adalah membrantas penyakit sosialnya lebih dulu.

"Jangan lupa kemudian menekankan edukasi dini dan pengobatan. Jangan sampai angka HIV di Bandar Lampung bertambah," ungkapnya.

Oleh karena dirinya meminta agar Dinas Kesehatan untuk terus proaktif, memberi data akurat, pada saat ditemukan suspeck langsung edukasi dan pengobangatan.

BACA JUGA:Forum CSR Lampung Serahkan Bantuan untuk Korban Bencana Banjir dan Longsor di Tanggamus

"Selain itu, ini adalah tugas seluruh dinas dari hulu ke hilir, seperti Disos, Diskes, Disdik untuk edukasinya. Saya berharap semua bekerjasama supaya tidak menambah lagi jumlahnya," tandasnya.

Sementara Plt. Kadiskes Bandar Lampung Desri Mega P tidak menjawab pesan maupun panggilan telpon dari wartawan ini.

Sebelumnya, Avocacy Oficer Wahana Citra (WCI) Rachmat Cahaya Aji menyebut sebanyak 2.701 orang terifeksi HIV Aids di Bandar Lampung, meningkat 100 persen sejak 10 tahun terakhir.

"Menurut data Dinas Kesehatan Bandar Lampung, ada 2.701 orang hidup dengan HIV Aids," kata Aji, ditemui belum lama ini di bilangan TbU, Bandar Lampung.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: