HKN ke-59, Jadi Momentum Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju

HKN ke-59, Jadi Momentum Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju

Pemerintah Kabupaten Mesuji menggelar kegiatan dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Alun Alun Simpang Pematang. Foto Dok--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Mesuji menggelar kegiatan dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Alun Alun Simpang Pematang, Kecamatan Simpang Pematang, Mesuji, Kamis 21 Desember 2023. 

Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar mengatakan, manusia Indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai masa keemasan itu karenanya, tema Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023, yaitu transformasi kesehatan untuk Indonesi maju mutlak kita laksanakan.

"Dan seperti yang kita ketahui bersama, kita semua patut bersyukur dan berbangga atas Capaian Universal Health Coverage Kabupaten Mesuji yang sampai saat i sebesar 97,82 %. Capaian tersebut menunjukan komitmen kita untuk ikut mewujudkan Manusia Indonesia yang sehat dan cerdas," kata Sulpakar.

BACA JUGA:Polres Tanggamus Ungkap Kasus Pembunuh IRT di Semaka, Tersangka Dibekuk

Selain itu dia menambahkan, hal ini segala dengan amanat undang-undang yakni setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak. Itulah amanat UUD 1945 bagi kita. Berdasarkan mandat itulah, enam pilar transformasi kesehatan penopang sistem kesehatan Indonesia harus kita bangun bersama dengan serius dan terus menerus.

Sulpakar menjelaskan, adapun fokus 6 pilar transformasi kesehatan adalah transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan. Dan yang tidak kalah penting transformasi kesehatan tidak dapat diwujudkan tanpa transformasi budaya kerja para insan kesehatan. Nilai nilai dasar ASN BerAKHLAK wajib kita hidupi untuk mewujudkan birokrasi yang akuntabel, lincah, dan profesional.

"Harapan saya, seluruh pegawai dan pejabat Pemerintah dapat bekerja dengan kompeten, jujur selaras dalam mengawal dan menyukseskan transformasi kesehatan. Mari kita bekerja dengan sungguh-sungguh. Tidak korupsi. Layani masyarakat dengan sepenuh hati," terangnya

BACA JUGA:3 Rekomendasi Tablet 1 Jutaan yang Cocok Buat Anak Sekolah, Ada Samsung Galaxy Hingga Huawei

Diterangkannya, transforrnasi kesehatan adalah tonggak penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia menuju bangsa yang maju. Akan tetapi untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan kolaborasi dan sinergi yang kuat antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan seluruh elemen masyarakat

Pada kesempatan ini, Sulpakar menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi- tingginya, kepada segenap insan kesehatan yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan Indonesia. Tenaga medis, tenaga kesehatan, tenaga pendukung kesehatan, LSM, swasta, media, profesional, akademisi, seluruh pegawai, serta tak lupa para kader. 

"Saya ingin mengajak seluruh masyarakat untuk turut membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar kita. Mari kita bangun bersama tubuh dan jiwa yang sehat dan kuat demi Indonesia Emas 2045. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa meridhoi ikhtiar kita dan memberkati kita semua dengan kesehatan dan kesuksesan," paparnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: