Basarnas Siagakan Personel di Wisata Pantai saat Libur Natal dan Tahun Baru

Basarnas Siagakan Personel di Wisata Pantai saat Libur Natal dan Tahun Baru

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menyiagakan personel dan relawannya di sekitar wisata pantai jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. 

Hal itu diungkapkan oleh Kabasarnas Pusat Marsekal Madya TNI Kusworo saat mengunjungi Basarnas Lampung, Jumat 22 Desember 2023.

Penyiagaan personel dan sukarelawan ini, kata Marsekal Madya Kusworo, sebagai bentuk kesiapan menghadapi libur panjang Natal dan Tahun Baru. 

Tak hanya personel, Basarnas Lampung kata Marsekal Madya Kusworo juga melibatkan potensi SAR atau sukarelawan terlibat aktif dalam penyiagaan ini.

BACA JUGA:Usai Wali Kota Beri Warning Ke Perusahaan Batu Bara, Seketika Warga Demo Sesalkan Debu Stockpile

"Jadi kalau kita sendiri karena keterbatasan yang ada tetap menyiapkan personel dengan mobile. Tetapi potensi atau sukarelawan yang sudah dilatih menyiapkan semua tempat. Di Lampung yang sudah terlatih ada 100 tenaga, tidak hanya jumlah personel saja, tetapi ini yang terlatih. Mereka yang berangkat khususnya di tempat rawan," ungkap Kepala Basarnas ini. 

Terkait dengan penyiagaan Pelabuhan Bakauheni dan Merak yang menjadi jalur tersibuk, ia mengatakan pihaknya juga mendirikan posko di dua pelabuhan itu. 

"November kita sudah apel dan simulasi dilakukan untuk kesiapan personil kita. Kesiapan yang ada personil dan sarana sudah siap di lapangan," ungkap pria dengan bintang tiga di pundaknya ini. 

Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan BMKG untuk update kondisi cuaca dan melakukan pemantauan di lapangan dengan drone.

BACA JUGA:Wali Kota Bandar Lampung Rolling Sejumlah Pejabat, Ada Kepala Dinas hingga Lurah

Saat ini di pelabuhan Bakauheni dari pantauan helikopter yang ia lakukan, kondisi lalu lintas masih landai dan belum ada kepadatan. 

Observasi dengan drone di lapangan kata Kusworo dilakukan di lokasi wisata dan lokasi yang ramai kepadatan lalu lintas. Termasuk pihaknya aktif mengobservasi Gunung Anak Krakatau (GAK) yang beberapa waktu lalu sempat mengalami erupsi. 

"Kita observasi dengan drone di lokasi rawan, pararel dengan pergerakan personil. Di posko pusat juga kita bisa pantau," kata dia.

Dalam kunjungannya Kabasarnas datang dengan didampingi Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Pencarian dan Pertolongan Basarnas Laksamana Muda TNI Ribut Eko dan diterima langsung oleh Kepala Basarnas Lampung Deden Ridwansah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: