Waduh! Gajah Liar Semakin Dekati Permukiman Warga di Pesisir Barat Lampung

Waduh! Gajah Liar Semakin Dekati Permukiman Warga di Pesisir Barat Lampung

Rombongan gajah liar kembali masuk pemukiman warga.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Rombongan gajah liar kembali masuk pemukiman warga.

Rombonga gajah liar yang sebelumnya sempat merusak belasan gubuk dan juga tanaman dilahan perkebunan warga di Pemangku Way Andop Pekon Marang, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Kini semakin meresahkan masyarakat diwilayah tersebut.

Sebab, rombongan gajah liar itu kini bergerak diwilayah Siring Lom wilayah Pemangku Kupang Ulu Pekon Marang, bahkan sudah hampir mendekati kawasan permukiman warga, sehingga kondisi tersebut jelas mengkhawatirkan masyarakat setempat.

Camat Pesisir Selatan, Mirton Setiawan, mengatakan,kini kondi keberadaan kawanan gajah liar itu semakin parah, dan semakin mendekati pemukiman warga.

BACA JUGA:Polres Pringsewu Bangun Sumur Bor, Atasi Krisis Air Bersih

Bahkan, informasi dari pihak Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) maupun masyarakat setempat ada beberapa gubuk warga dilahan perkebunan diwilayah Pemangku Kupang Ulu tersebut yang kembali dirusak oleh rombongan gajah liar tersebut.

“Saat ini tim gabungan bersama warga juga masih berupaya untuk melakukan blokade, baik di wilayah Way Andop maupun di wilayah Kupang Ulu Pekon Marang,” katanya, Kamis, 28 Desember 2023.

Dijelaskannya, sebelumnya juga pihaknya telah mendapat informasi bahwa ada warga yang sempat dihadang oleh kawanan gajah liar tersebut saat hendak pulang dari kebun dengan membawa bberapa hasil panennya menggunakan sepeda motor.

Kondisi itu jelas semakin mengkhawatirkan masyarakat, karena itu pihaknya meminta kepada semua pihak terkait untuk dapat mencarikan solusi agar rombongan gajah liar itu bisa kembali masuk ke kawasan hutan TNBBS dan menjauhi wilayah perkebunan warga di Pekon Marang tersebut.

BACA JUGA:Rombongan Gajah Liar Hancurkan 11 Gubuk Warga di Pesisir Barat Lampung

“Mengingat saat ini rombongan gajah liar itu sudah mulai mendekati pemukiman warga. Jika tidak ada penanganan maksimal tentu ini akan mengancam keselamatan masyarakat. Sebelumnya kita juga sudah bersurat ke Pemkab Pesbar agar dapat mensiagakan tim satuan tugas (satgas),” jelasnya.

Seperti diberitakan, setidaknya terdapat 11 gubuk warga di lahan perkebunan tepatnya di Pemangku Way Andop, Pekon Marang Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar).

Lokasinya, sekitar 500 meter dari Hutan Produksi Terbatas (HPT) dan sekitar tiga Kilometer (Km) dari kawasan Hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) dirusak rombongan gajah liar, Sabtu 23 Desember 2023.

Camat Pesisir Selatan, Mirton Setiawan, mengatakan, kawanan gajah liar yang sempat merusak gubuk dan tanaman dilahan perkebunan warga di Pekon Marang itu merupakan kelompok gajah liar yang sebelumnya berada di wilayah Panji Wayang Pekon Ulok Mukti Kecamatan Ngambur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: