BMKG Prediksi Lampung Dilanda Cuaca Ekstrem Hingga Minggu Depan

BMKG Prediksi Lampung Dilanda Cuaca Ekstrem Hingga Minggu Depan

Ilustrasi Cuaca Buruk. Hujan Deras disertai kilatan petir.-freepik.com-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memprediksi cuaca ekstrem bakal melanda Provinsi Lampung hingga 7 Januari 2024 mendatang.

Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto mengatakan, kondisi umum informasi dinamika Atmosfer sejak 1 Januari 2024 terpantau SOI : -2.4 (tidak signifikan < +7) —> Suplai uap air bergerak dari Pasifik Barat ke Pasifik Timur, aktivitas potensi pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia Timur tidak signifikan.

Kemudian Indeks ENSO di NINO3.4 : +1.56 (normal ±0.5) —> tidak signifikan terhadap peningkatan hujan di wilayah Indonesia.

Untuk DMI +0.74 (normal ±0.4) —> Suplai uap air dari wil. S. Hindia ke wilayah Indonesia bagian barat tidak signifikan (aktivitas pembentukan awan di wilayah Indonesia bagian barat tidak signifikan.

BACA JUGA:Gempa di Sumedang, BRI Salurkan Bantuan

"MJO sendiri ada pada kuadran dua (Indian Ocean) —> tidak berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia," katanya, Selasa, 2 Januari 2024.

Terdapat juga belokan angin dan konvergensi di wilayah Sumut, Sumbar, Riau, Kep. Riau, Jambi, Kep. Babel, Bengkulu, Sumsel, Lampung, Banten, Jabar, Kalbar, Kalteng, Kalsel, Sulut, Gorontalo, Sulteng, Sulsel, Sulbar, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Kemudin pada lapisan 700mb dan 850mb terpantau signifikan cukup tinggi di sebagian besar wilayah Lampung, terutama dominan tinggi di wilayah Lampung bagian Utara dan Timur pada pagi hari dan pada sore menjelang malam cukup signifikan di wilayah Lampung bagian Barat dan Selatan.

Kemudian pada dini hari cukup signifikan di wilayah Timur laut dan Timur, untuk lapisan 500mb terpantau signifikan cukup tinggi pada dini hari hingga pagi hari.

BACA JUGA:Kenalan di Media Sosial, 2 Pemuda Rudapaksa Anak Dibawah Umur

"Sehingga potensi hujan lebat disertai kilatan petir dan angin kencang di wilayah pada siang dan sore hari di hampir seluruh wilayah Lampung," kata Rudy.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyakarakat Lampung untuk memantau perkiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG.

Informasi ini dapat membantu dalam persiapan dan pengambilan langkah-langkah keselamatan yang diperlukan.

Pastikan saluran air di sekitar rumah tetap bersih dari sampah dan tidak tersumbat. Ini dapat membantu mengurangi risiko genangan air.

BACA JUGA:Masih Banyak Tukang Bangunan di Pringsewu yang Belum Bersertifikat, Ini Jumlahnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: