LSI Rilis Peta Pilpres Terkini, Prabowo-Gibran Unggul di Jawa Timur

LSI Rilis Peta Pilpres Terkini, Prabowo-Gibran Unggul di Jawa Timur

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Jawa Timur merupakan provinsi dengan populasi pemilih terbesar kedua setelah Jawa Barat.

Bagaimana tidak, jumlah pemilih di wilayah tersebut mencapai lebih dari 31,4 juta.

Jawa Timur menjadi salah satu dari tiga wilayah kunci dalam kompetisi pemilu, baik untuk pemilihan presiden maupun pemilihan legislatif.

Selain itu, dalam dua pemilu terakhir (2014 dan 2019) Jawa Timur menjadi barometer kemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Yang menang di Jawa Timur selama dua pemilu tersebut juga merupakan pemenang di tingkat nasional.

Juga menarik untuk melihat kompetisi pemilu di Jawa Timur mengingat dua partai besar yang sering menjadi pemenang dalam pemilu legislatif di wilayah ini, yakni PDI Perjuangan dan PKB.

Kini, keduanya masing-masing memiliki calon presiden dan calon wakil presiden.

Dan sangat masuk akal bila semua calon presiden dan wakil presiden terlihat sangat intensif melakukan kegiatan kampanye di Jawa Timur sebagai salah satu wilayah kunci.

Bagaimanakah peta dukungan politik kurang dari dua bulan menjelang pemilu 2024 di Jawa Timur? Untuk menjawab pertanyaan ini, LSI melakukan survei di pertengahan hingga minggu ketiga Desember 2023 di Provinsi Jawa Timur.

Populasi survei ini menjangkau warga negara Indonesia di Jawa Timur yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yaitu mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Pada setiap dapil DPR RI di Jawa Timur diambil sampel sebanyak 800 orang dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Sehingga, total sample secara keseluruhan sebanyak 8.800 responden di Provinsi Jawa Timur.

Total sample tersebut memilih toleransi kesalahan (margin of error) ±1.1% pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi stratified random sampling.

Sampel berasal dari seluruh Kabupaten/Kota di tiap Dapil Jawa Timur yang terdistribusi secara proporsional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: