Jadi Langkah Penting dan Antisipatif, Prabowo-Gibran Dorong Pertahanan Siber Melalui Hilirisasi Digital

Jadi Langkah Penting dan Antisipatif, Prabowo-Gibran Dorong Pertahanan Siber Melalui Hilirisasi Digital

Budiman Sudjatmiko.-Intan Afrida Rafni--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Di era digital yang berkembang pesat, ancaman serangan siber kian tumbuh masif dan bisa mengancam stabilitas nasional.

Guna merespon ancaman itu, pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berkomitmen memperkuat pertahanan dan keamanan siber melalui hilirisasi digital. 

“Prabowo Gibran berkomitmen penuh untuk memperkuat pertahanan siber dan keamanan siber Indonesia," ujar Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Budiman Sudjatmiko, kepada wartawan di Jakarta, 7 Januari 2024.

"Ini langkah penting dan antisipatif untuk merespon serangan dan kejahatan siber serta menjaga stabilitas nasional,” sambungnya.  

BACA JUGA:Strategi Debat Dari Anies Terksesan Menjatuhkan, Pengamat: Warga Terbukti Tidak Suka

Menurutnya, usaha untuk memperkuat keamanan siber ini merupakan hal mendesak karena Indonesia sangat rentan kejahatan siber.

“Kominfo sudah menyampaikan, bahwa Indonesia menduduki peringkat kejahatan siber kedua di dunia, setelah Ukraina. Jadi ini sudah harus jadi perhatian khusus,” sebutnya.

Dia lantas mencontohkan kasus kebocoran data nasabah salah satu Bank di Indonesia yang sempat terjadi beberapa waktu silam.

“Kita sangat rentan, selalu ada kemungkinan serangan kembali kejahatann siber terhadap data pribadi kita,” ungkap Budiman.

BACA JUGA:Hindari 5 Minuman yang Bisa Bikin Gigi Rusak Sejak Dini, Ini Daftarnya

Menurutnya, salah satu penyebab kelemahan dari pertahanan siber kita yakni kemandirian teknologi, sehingga perlu melakukan hilirisasi. 

“Selama ini kita masih sangat bergantung kepada luar negeri. Untuk itu hilirisasi perlu dilakukan. Dalam konsep Prabowo Gibran disebut sebagai DDNA. Device, Data, Network, dan Aplikasi," bebernya.

"Itu semua harus mulai kita hilirasi, harus dimulai untuk mandiri, dari bangsa sendiri,” sambungnya. 

Guna mempersiapkan hal itu, Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan sudah mulai mengambil langkah nyata dengan mengadakan pembelajaran terkait kemanan siber di tingkat perkuliahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: