Gubernur Arinal Ajak Notaris Ciptakan Keamanan Tanah Untuk Cegah Konflik Pertanahan di Lampung

Gubernur Arinal Ajak Notaris Ciptakan Keamanan Tanah Untuk Cegah Konflik Pertanahan di Lampung

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.-Sumber Foto: Adpim Pemprov Lampung-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak notaris di Lampung menciptakan keamanan dan ketertiban dalam kepemimpinan tanah masyarakat.

Kata Gubernur Arinal, notaris bersama BPN memiliki tanggung jawab bersama dalam menciptakan keamanan dan ketertiban dalam kepemilikan tanah di masyarakat.

Untuk itu, Gubernur Arinal meminta agar bersama dalam membangun fondasi hukum yang kuat dan terpercaya dalam kepemilikan tanah di wilayah Lampung. 

"Saya ingin menekankan bahwa kerjasama yang erat antara notaris dan BPN sangatlah penting untuk menghindari potensi konflik pertanahan," ujar Gubernur Arinal pada Konferwil Lampung INI, Kamis 11 Januari 2024.

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Bertemu Orang Tua Alumni SMKN Jateng, Cerita Anaknya jadi TNI

Menurutnya para notaris memiliki tanggung jawab besar dalam menyusun akta-akta yang menjadi dasar pembuatan sertifikat tanah.

"Keahlian notaris dalam memastikan kelengkapan dokumen dan keabsahan transaksi properti sangat krusial untuk menjamin keamanan hukum bagi para pemilik tanah," ucapnya.

Di sisi lain, Gubernur Arinal menyebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung memiliki berbagai program dan kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Profesi notaris ini, disampaikan Gubernur Arinal menjadi salah satu yang memiliki peran strategis dalam transaksi properti dan kegiatan ekonomi lainnya.

BACA JUGA:Intip Spesifikasi HP RAM Besar Vivo Y100i Power, Bawa Layar 120Hz Hingga Internal 512GB

"Saya mengajak para notaris untuk turun langsung ke desa-desa di wilayah kita. Mengapa demikian? Karena kehadiran para notaris di tingkat desa dapat memberikan dampak positif yang besar terhadap pengembangan ekonomi lokal," ungkapnya.

Dirinya meyakini bahwa partisipasi aktif para notaris di tingkat desa akan memberikan kontribusi positif yang besar terhadap pembangunan ekonomi pedesaan.

Tidak hanya itu, Gubernur Arinal berharap ini juga dapat memberikan kemudahan akses petani dalam berkonsultasi dengan notaris.

"Saya mendorong para notaris untuk lebih proaktif dalam memberikan pelayanan dan konsultasi hukum kepada para petani," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: