Kunjungi Tanggamus Lampung, Direktur Kepelabuhan Kemenhub Bahas Rencana Pengoperasian Pelabuhan Batu Balai

Kunjungi Tanggamus Lampung, Direktur Kepelabuhan Kemenhub Bahas Rencana Pengoperasian Pelabuhan Batu Balai

Direktur Kepelabuhan Kemenhub Muhammad Masyhud bersama Pj. Bupati Mulyadi Irsan dan Kadishub Lampung Bambang Sumbogo saat kunjungan kerja ke Tanggamus membahas pengoperasian Pelabuhan Batu Balai. FOTO EDI HERLIANSYAH/RADARLAMPUNG.CO.ID --

BACA JUGA: 5 Provinsi Dengan Daftar Jemaah Haji Reguler 2024 Terbanyak, Satu Dari Pulau Sumatera

”Pelabuhan Batu Balai di Tanggamus, Lampung, diproyeksikan menjadi alternatif pelabuhan komersial. Sekaligus penyeberangan yang menghubungkan Lampung dengan Pulau Jawa dan kawasan lain di tanah air,” urainya. 

Untuk itu ke depan akan didorong pengoptimalan fungsi dermaga sehingga peran pelabuhan dan sekitarnya itu diharapkan bisa menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi. 

Karena itu, ke depan Pelabuhan Batu Balai bisa secara optimal dioperasikan. 

”Kita ingin apa yang menjadi mimpi pak gubernur, bahwa wilayah Barat Lampung ini nanti akan digunakan mengekfektifkan moda laut,” tandasnya.

BACA JUGA: CPNS 2024 Siap Dibuka, Cek Formasi yang Disediakan Lengkap Dengan Link Pendaftaran

”Di samping kita tahu bahwa tofografi wilayah Tanggamus cukup berat karena medannya. Salah satu upaya nanti ke depan, peran pelabuhan yang harus dioptimalkan,” imbuh Mulyadi Irsan. 

Ia juga optimistis beberapa perusahaan sudah menunggu operasional Dermaga Batu Balai. 

Seperti PT Paragon yang memproduksi zeolit dan selama ini sudah memuat banyak dibidang pertambangan. Begitu juga perusahaan lain. 

”Insya Allah ini menjadi awal. Demikian juga hasil sumber daya alam. Nanti bila memungkinkan, apakah dari Pelabuhan Batu Balai langsung ke Jakarta atau harus ke Pelabuhan Panjang. Ini menjadi kajian dari Kementerian Perhubungan,” paparnya.

BACA JUGA: Tiga Kombes Mutasi dan Masuk Yanma Polri, Kapolresta Kupang Kota Dicopot

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Bambang Sumbogo mengungkapkan, pihaknya akan bersinergi dengan Pemkab Tanggamus dan Kementerian Perhubungan dalam mengembangkan atau menindaklanjuti Pelabuhan Batu Balai yang belum termanfaatkan, agar bisa beroperasi.

Direktur Kepelabuhan Muhammad Masyhud mengatakan, pihaknya ingin mengetahui sejauh mana ketertarikan bagaimana badan usaha terkait pengembangan atau pengoperasian Pelabuhan Batu Balai. 

"Saya berharap ini tidak menjadi pertemuan pertama dan terakhir, sehingga kita bisa menuntaskan apa yang menjadi keinginan kita bersama,” kata Muhammad Masyhud. 

Ia mengharapkan koordinasi, termasuk dari badan usaha yang ingin bekerjasama memanfaatkan pelabuhan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: