Kunjungi Tanggamus Lampung, Direktur Kepelabuhan Kemenhub Bahas Rencana Pengoperasian Pelabuhan Batu Balai

Kunjungi Tanggamus Lampung, Direktur Kepelabuhan Kemenhub Bahas Rencana Pengoperasian Pelabuhan Batu Balai

Direktur Kepelabuhan Kemenhub Muhammad Masyhud bersama Pj. Bupati Mulyadi Irsan dan Kadishub Lampung Bambang Sumbogo saat kunjungan kerja ke Tanggamus membahas pengoperasian Pelabuhan Batu Balai. FOTO EDI HERLIANSYAH/RADARLAMPUNG.CO.ID --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Direktur Kepelabuhan Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Muhammad Masyhud melakukan kunjungan kerja ke Tanggamus, Lampung Kamis 11 Januari 2023.

Kunjungan tersebut menindaklanjuti harapan Pemerintah Kabupaten Tanggamus terkait percepatan operasional Pelabuhan Dermaga Batu Balai, Kecamatan Limau. 

Rombongan yang tiba di kantor Bupati Tanggamus sekitar pukul 12.45 WIB disambut Pj. Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan.

Turut menyambut Kepala Dinas Perhubungan Lampung Bambang Sumbogo, Sekkab Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Suhartono, Asisten I Suaidi, Asisten III Jonsen Vanisa, Kepala Bapperida Hendra Wijaya Mega dan pejabat lain.

BACA JUGA: Percepat Pengoperasian Dermaga Batu Balai, Dirjen dan Direktur Perhubungan Laut Bakal Kunjungi Tanggamus

Pj. Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan dalam pemaparannya dihadapan Direktur Kepelabuhan di antaranya mengungkapkan bahwa satu dari dua teluk besar di Lampung terdapat di Tanggamus. Yaitu Teluk Semaka.

Dengan panjang pantai 200 Km, pembangunan pelabuhan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan daerah. 

Pembangunan pelabuhan yang terintegrasi dengan industri juga dapat berdampak positif bagi masyarakat.

Yaitu memperluas lapangan kerja, memeratakan kesempatan kerja, kesempatan berusaha, mempertinggi pemanfaatan sumber daya manusia dan mempercepat laju pembangunan di kawasan pelabuhan tersebut.     

BACA JUGA: Pj. Bupati Tanggamus Lampung Kunjungi Pelindo Regional 2 Panjang, Bahas Operasional Dermaga Batu Balai

Kehadiran kegiatan industri di suatu pemukiman merupakan pemasukan pengetahuan dan teknologi baru bagi masyarakat setempat. 

Sementara keberadaan industri di lingkungan pemukiman bakal memberi dampak kehidupan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat setempat dan sekitarnya.

Dermaga Batu Balai dengan luas area kurang lebih 1.022 Hektare,  direncanakan sebagai pelabuhan untuk beberapa aktivitas kegiatan. Baik skala lokal, regional, nasional dan internasional. 

Salah satu alasan pembangunan Pelabuhan Batu Balai adalah, Tanggamus memiliki teluk yang perairannya cukup dalam dan tenang atau terlindung dari gelombang tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: