Pemprov Lampung Tingkatkan Kesejahteraan Petani Melalui Hilirisasi Produk Pertanian

Pemprov Lampung Tingkatkan Kesejahteraan Petani Melalui Hilirisasi Produk Pertanian

Kepala Bappeda Lampung Elvira Umihanni.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Hilirisasi merupakan salah satu fokus pembangunan yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung di tahun 2024.

Di mana, hilirisasi ini ditargetkan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani yang ada di Provinsi Lampung.

Kepala Bappeda Lampung Elvira Umihanni mengatakan, hilirisasi merupakan salah satu fokus dari kerja Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Menurut Elvira Umihanni, hilirisasi industri memang telah didorong oleh pemerintah pusat. Juga masuk program kerja Gubernur Lampung.

BACA JUGA:LPPM Unila Gelar Zikir dan Doa Bersama

Selama masa jabatan Gubernur Arinal, kata Elvira Umihanni, program yang difokuskan mulai dari kartu petani berjaya (KPB).

Kemudian, peningkatan produksi hingga peningkatan kesejahteraan petani. Itu dapat terlihat capaiannya saat ini dari nilai tukar petani (NTP) yang sudah lebih meningkat.

"Jadi pak gubernur maunya peningkatan ini dilakukan oleh petani sehingga ada nilai tambah produksi pertanian," ujar Elvira Umihanni.

Dukungan upaya peningkatan oleh petani ini, disampaikan Elvira Umihanni, Gubernur Arinal memberikan alat roasting kopi yang dibagikan ke petani.

BACA JUGA:Polda Lampung Tangkap 2 Pelaku Ganjal ATM, Korban Rugi Ratusan Juta

"Alat roasting kopi yang dibagikan ke petani ini agar petani bisa meningkatkan nilai tambah produksinya," ucapnya.

Sehingga, di saat para petani telah mampu mengelola hasil pertaniannya diharapkan juga bisa dimanfaatkan dalam penjualannya.

"Supaya petani ini bisa mengelola dan meningkatkan nilai tambah dan bisa meningkatkan peningkatan berdampaknya pada kesejahteraan petani," tuturnya.

Dengan adanya hilirisasi ini, lanjut Elvira Umihanni, pembangunan pertanian tidak hanya terkait meningkatkan produktivitas, tetapi juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: