Polsek Bengkunat Evakuasi Pohon Tumbang di Ruas Jalinbar Kawasan Hutan TNBBS

Polsek Bengkunat Evakuasi Pohon Tumbang di Ruas Jalinbar Kawasan Hutan TNBBS

Jajaran Polsek Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) bergerak cepat membantu untuk melakukan evakuasi adanya pohon tumbang yang menutupi ruas jalan lintas barat --

RADARLAMPUNG.CO.ID – Jajaran Polsek Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) bergerak cepat membantu untuk melakukan evakuasi adanya pohon tumbang yang menutupi ruas jalan lintas barat (jalinbar) yang ada di di kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) tepatnya di Pekon Pemerihan Kecamatan Bangkunat, Sabtu 20 Januari 2024.

Kapolres Pesisir Barat AKBP Alsyahendra S.I.K, M.H, melalui Kapolsek Bengkunat AKP Zulkifli, mengatakan bahwa, pohon ukuran besar yang tumbang hingga menutupi badan jalan di wilayah kawasna hutan TNBBS di Pekon Pemerihan Kecamatan Bangkunat itu terjadi sekitar pukul 08.30 Wib.

Setelah mendapat informasi adanya pohon tumbang tersebut, personil Polsek Bengkunat bersama petugas BPBD Pesbar dan juga masyarakat yang tinggal tidak jauh dari lokasi kejadian itu bersama-sama membantu melakukan evakuasi pohon tumbang tersebut.

“Adanya pohon tumbang di ruas jalinbar itu sempat menyebabkan arus lalulintas tersendat, namun itu tidak berlangsung lama, dan sekitar pukul 09.30 Wib saat itu juga kondisi arus lalulintas kembali berjalan lancar seperti biasa,” katanya.

BACA JUGA:Gunakan Jaket Top Gan, Slank Dukung Ganjar Pranowo

Dijelaskannya, adanya pohon tumbang tersebut salah satunya disebabkan karena intensitas hujan yang melanda wilayah ini cukup tinggi, sehingga berdampak pada kondisi tanah di kawasan hutan TNBBS tersebut yang salah satunya menyebabkan pohon ukuran besar itu tumbang menutupi badan jalan.

Karena memang di sepanjang ruas jalinbar terutama yang melintasi kawasan hutan TNBBS di wilayah Pekon Pemerihan Kecamatan Bangkunat ini cukup rentan terjadinya pohon tumbang.

“Termasuk tanah longsor saat musim penghujan diwilayah ini juga cukup rentan terjadi. Sehingga, diharapkan agar para pengendara untuk tetap waspada dan berhati-hati, terutama saat kondisi cuaca sedang turun hujan lebat,” ujarnya.

Masih kata dia, dengan adanya kerjasama semua pihak dalam mengevakuasi adanya pohon tumbang tersebut, tentu pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak baik petugas dari BPBD Pesbar maupun masyarakat setempat yang telah membantu hingga selesai evakuasi dan arus lalulintas bisa kembali berjalan lancar seperti biasanya.

BACA JUGA:Mutasi TNI Terbaru, 59 Perwira Angkatan Darat Alih Tugas, Danrem 163/Wirasatya Jadi Kapoksahli Pangdam IX

“Yang jelas dengan kondisi cauaca seperti sekarang ini kita kembali mengingatkan masyarakat maupun pengguna jalan untuk waspada dan mengutamakan keselamatan, terutama saat melintasi ruas jalan di kawasan hutan seperti di wilayah TNBBS Kecamatan Bangkunat tersebut,” tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: