FMIPA Unila Tambah Dua Doktor Baru

FMIPA Unila Tambah Dua Doktor Baru

Program Studi Doktor MIPA, hari ini kembali hasilkan dua doktor baru.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Program Studi Doktor MIPA, hari ini kembali hasilkan dua Doktor baru.

Keduanya yakni Erliyan Redi Susanto dan Heni Sulistiani yang meraih gelar Doktor MIPA pada bidang Ilmu Komputer dan melaksanakan sidang promosi terbuka di ruang sidang lantai tiga Gedung Dekanat FMIPA Universitas Lampung (Unila) pada Senin, 22 Januari 2023.

Kedua Promovendus Erliyan Redi Susanto dan Heni Sulistiani dibimbing Prof. Admi Syarif, Ph.D., selaku promotor dan Prof. Dr. dr. Khairunnisa Berawi, serta Prof. Dr. Warsito, M.Sc., selaku co-promotor.

Keduanya berhasil mempertahankan disertasi berjudul “Implementasi Metode Kecerdasan Buatan pada Penyakit Thalasemia” dan “Evaluasi Kinerja Berbagai Metode Kecerdasan Buatan pada Penyakit Narsistic Personality Disorder (NPD)”.

BACA JUGA:Adanya Laporan Pungli, Ini yang Dilakukan Polsek Bukit Kemuning

Berdasarkan hasil penelitiannya, Erliyan yang merupakan Dosen Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) ini menyampaikan, penyakit Thalasemia merupakan salah satu penyakit kelainan darah yang sangat serius.

Kesulitan dan mahalnya biaya untuk diagnosis penyakit mengakibatkan pasien sering kali bertemu dengan dokter setelah pada stadium lanjut.

Penelitiannya telah berhasil mengembangkan sistem berbasis Artificial Inteligence (AI) yang dapat membantu dokter dan masyarakat mendiagnosis penyakit ini berdasarkan gejala yang dialami pasien.

Heni Suliastiani dalam disertasinya menyampaikan hasil evaluasi terhadap kinerja berbagai metode AI untuk penyakit Narsistic Personality Disorder yang sangat populer seiring maraknya sosial media saat ini.

BACA JUGA:KPU Lampung Timur Batalkan 5 Parpol Sebagai Peserta Pemilu 2024, Ini Penyebabnya

"Kedua promovenndous ini sangat luar biasa dengan masing-masing telah menghasilkan tiga karya tulis yang dipublikasikan (submitted/accepted) pada jurnal-jurnal internasional bereputasi terindeks scopus dan konferensi internasional," ujar Admi Syarif.

Prof. Admi Syarif, Ph.D., selaku promotor yang juga merupakan Dosen Ilmu Komputer FMIPA Unila menyampaikan, penelitian implementasi AI pada bidang kesehatan ini telah menghasilkan dampak signifikan, khususnya terhadap dunia medis.

Ia berharap, promovendous dapat terus konsisten melakukan riset dan mencapai jabatan akademik guru besar dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Hadir sebagai penguji dari luar pada sidang promosi terbuka ini yakni Dr. RZ Abdul Azis yang merupakan dosen senior prodi Teknik Informatika dan juga menjabat sebagai Rektor IBI Darmajaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: