Apa Itu Angkon Muwarei dalam Adat Lampung? Berikut Penjelasannya

Apa Itu Angkon Muwarei dalam Adat Lampung? Berikut Penjelasannya

Angkon Muwarei salah satu prosesi adat Lampung dalam mengangkat saudara--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Angkon muwarei berasal dari bahasa Lampung, yaitu angkon yang berarti menganggap, mengangkat dan muwarei yang berasal dari kata puwarei atau saudara (laki-laki).

Muwarei itu sendiri memiliki arti bersaudara. Umumnya, persaudaraan antara laki-laki dan laki-laki, meskipun dalam praktiknya budaya, angkon itu juga bisa terjadi terhadap perempuan.

Sebagai contoh, pada Sabtu 27 Januari 2024, Dikediaman Kadarsyah, Kadarsyah dan Muhammad Erwinsyah, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Inspektorat Kabupaten Lampung Utara, menggelar prosesi adat Lampung.

Keduanya bersepakat mengangkat saudara yang dikenal dengan angkon muwarei.

BACA JUGA:5 Gejala Osteoporosis di Usia Muda, Kenali Tanda-tandanya

Dalam sambutannya, Kadarsyah mengatakan, prosesi angkatan saudara Erwinsyah merupakan simbol persaudaraan dan pertanda pengakuan penuh bahwa kedua pihak memiliki hubungan dekat secara lahir maupun batin, tanpa kritik, tanpa rasa curiga dan hapus semua bentuk perselisihan.

"Tidak ada tendensi apapun dalam prosesi angkon muwarei ini, semua karena hubungan baik yang kami lakukan dan sebelumnya kami juga telah membicarakannya," kata dia.

Dengan adanya proses ini,  dia menegaskan, sebagai saudara saling menghormati, menghargai, toleransi, terbuka, saling membela, melindungi, dan tolong-menolong adalah keharusan yang mesti selalu di jaga.

"Sebagai saudara, kami akan memegang prinsip hidup orang Lampung yang terkandung dalam nilai-nilai sosial piil pesenggiri," bebernya.

BACA JUGA:Barisan Polwan Cantik yang Masuk Daftar Mutasi Polri, Ada Anggota Peacekeepers Indonesia dan Kapolres

Perlu diketahui, dalam adat Lampung, Angkon Muwarei, terjadi karena tiga perkara.

1. Karena memang hubungan yang sangat erat antara kedua pihak.

2. Hubungan perkawinan.

3. Karena adanya konflik, sengketa, atau karena alasan telah terjadi peristiwa yang kurang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: