Inovasi BRILink dan Peningkatan Inklusi Keuangan di Desa Sukomulyo Gresik

Inovasi BRILink dan Peningkatan Inklusi Keuangan di Desa Sukomulyo Gresik

Inovasi BRILink dan Peningkatan Inklusi Keuangan di Desa Sukomulyo Gresik--dok BRI

RADARLAMPUNG.CO.ID-Desa Sukomulyo, yang terletak di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menunjukkan prestasi gemilang dalam mengembangkan sektor wirausaha. 

Prestasi ini memunculkan gelar "Desa BRILiaN Pengembang Wirausaha Terbaik 2023" yang patut diapresiasi. 

Kepala Desa Sukomulyo, H. Subiyanto, merasa bangga dan bersyukur atas pencapaian tersebut, yang menurutnya merupakan hasil dari kerja keras dan fokus pemerintah desa dalam membangun kerja sama dan inovasi untuk meningkatkan ekonomi lokal.

BACA JUGA:6 Pesan Teladan Dari Syekh Ali Jaber, Amalkan Sebagai Refleksi Diri Agar Lebih Baik

Keberhasilan Desa Sukomulyo dalam mengembangkan bidang wirausaha tidak lepas dari kreativitas dan keberlanjutan yang diimplementasikan dengan baik melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Makmur Sejahtera Global Sukomulyo. 

Produk-produk dari Desa Sukomulyo tidak hanya memiliki kualitas yang baik dan aman, tetapi juga memiliki daya saing di pasar lokal dan regional. 

Ada tiga bidang industri unggulan di desa ini, yaitu industri kreatif di bidang fesyen dan tekstil, agrobisnis, dan akuakultur.

BACA JUGA:Meriah, SMANTAB Expo 2024 Resmi Dibuka

BUMDes Maju Makmur Sejahtera Global Sukomulyo juga berperan penting dalam meningkatkan perekonomian desa melalui sejumlah unit usaha yang didirikan, seperti Himpunan Pengusaha Air Minum (Hipam), unit pertokoan, unit simpan pinjam, unit pariwisata, unit pengelolaan sampah, dan layanan AgenBRILink. 

AgenBRILink, yang merupakan layanan perbankan tanpa kantor yang diinisiasi oleh BRI, membantu warga desa dalam mengakses layanan perbankan.

Di Desa Sukomulyo, BUMDes Maju Makmur Sejahtera Global Sukomulyo berperan sebagai AgenBRILink, memberikan akses kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi perbankan dan keuangan kepada masyarakat desa. 

BACA JUGA:Jaga Stabilitas Jelang Pemilu 2024, Ditreskrimsus Polda Lampung Tangani Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi

Selain itu, desa ini juga memanfaatkan layanan keuangan digital BRI, seperti BRImo, untuk kebutuhan transaksi perbankan dan keuangan secara umum.

Penggunaan layanan keuangan digital BRI, seperti BRImo, memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran menggunakan metode pindai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: