Rutan Kotaagung Tanggamus Lampung Berbagai Inovasi, Dari Bangun Pos PTSP Hingga Berantas Buta Huruf Alquran

Rutan Kotaagung Tanggamus Lampung Berbagai Inovasi, Dari Bangun Pos PTSP Hingga Berantas Buta Huruf Alquran

Rumah Tahanan Negara Kelas II B Kota Agung Kabupaten Tanggamus Lampung, resmi beroperasi dan difungsikan pada tahun 2012 lalu.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Rumah Tahanan Negara Kelas II B Kota Agung Kabupaten Tanggamus Lampung, resmi beroperasi dan difungsikan  pada tahun 2012 lalu.

Saat ini Rutan Kota Agung yang beralamat di Jalan Bhayangkara, Kelurahan Kuripan, dipimpin Kepala Rutan Benny Muhammad Saefulloh, A. Md. IP, S. Sos, M. Si.

Dalam memimpin ia didamping tiga pejabat struktural. Yakni, Habibie Agusman, S. Tr. Pas sebagai Kepala Kesatuan Pengamanan, Johar Manik Prameswari, S.H. sebagai Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, dan Eko Munandar, S. H, M.H. sebagai Kepala Sub Seksi Pengelolaan.

Selama masa kepemimpinan Benny M Saefulloh Rutan Kota Agung melakukan berbagai inovasi baik dari segi pembangunan maupun pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

BACA JUGA:Kajian Syekh Ali Jaber Tentang Sedekah Subuh Sebagai Amalan Istimewa

Sejumlah Pembangunan yang telah dilaksanakan diantaranya, Area Pos Pengawasan dan Pemeriksaan ( Wasrik ), pembangunan Pos Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP ), serta perbaikan area Lapangan dan Lingkungan dalam.

Untuk pembinaan WBP dibawah Ka.Subsi Pelayanan Tahanan JM Prameswari, Rutan Kota Agung telah melaksanakan berbagai program antara lain, berantas buta huruf Alquran yang telah meluluskan lebih dari 100 orang santri yang terdiri dari WBP Rutan Kota Agung.

Selanjutnya, program pendidikan kesetaraan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bekerja sama dengan Satuan Pengajar Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus.

Pembinaan Kesenian Hadroh dan Band, Pelatihan Upacara Bendera, serta Pelatihan Pramuka bekerja sama dengan Kwarcab Kabupaten Tanggamus.

BACA JUGA:Masuk Referensi HP Ram Besar, Ini Fitur Unggulan Samsung Galaxy A55 5G

Selain itu Rutan Kota Agung juga di Apresiasi oleh Dirjen Pemasyarakatan sebagai UPT yang mengusulkan progaram Integrasi (PB, CB, CMB ) terbanyak se Provinsi Lampung.

Untuk menunjang keberhasilan kegiatan pelayanan dan kegiatan pembinaan, Rutan Kelas II B Kota Agung selalu memperhatikan unsur pengamanan.

Dimana Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Habibie Agusman melaksanakan kegiatan yang Meliputi, Razia Rutin yang di laksanakan 4 kali dalam 1 bulan, Razia Insidentil yang dilaksanakan bekerja sama dengan pihak BNN, POLRI dan TNI, serta tes urine bagi WBP maupun Pegawai yang di laksanakan oleh BNN.

Dalam kurun waktu 1 tahun sejak 2023 tidak terdapat WBP maupun Pegawai Rutan Kota Agung yang Positif Narkotika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: