Lakukan Berbagai Inovasi, Pemkab Pesawaran Maksimalkan Realisasi Penerimaan Daerah

Lakukan Berbagai Inovasi, Pemkab Pesawaran Maksimalkan Realisasi Penerimaan Daerah

Staf Ahli Bidang Ekobang Muhammad Alhunuriski meberikan arahan.-Foto Prokopim Pemkab Pesawaran -

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran terus berupaya meningkatkan realisasi penerimaan daerah.

Upaya tersebut dilakukan dengan melakukan inovasi-inovasi dengan prinsip pajak yang baik bermuara kepada perbaikan pengelolaan pajak dan retribusi. 

"Inovasi pengelolaan pajak dan retribusi itu dilakukan sesuai dengan prinsip pajak yang baik, yaitu pajak dan retribusi tidak menyebabkan ekonomi biaya tinggi dan/atau menghambat mobilitas penduduk, lalu lintas barang dan jasa antar daerah," ungkap Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setdakab Pesawaran Muhammad Alhusnuriski pada upacara mingguan di Lapangan Pemkab Pesawaran, Senin 5 Februari 2024.

Dikatakan, inovasi yang diamanatkan oleh pemerintah salah satunya tentang Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota serta tata cara Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).

BACA JUGA:Rasanya Bikin Nagih! Rekomendasi Nasi Uduk Legendaris di Bandar Lampung

Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) adalah sebuah upaya terpadu dan terintegrasi untuk mengubah pembayaran pajak dan retribusi serta belanja tunai menjadi nontunai berbasis digital.

Dengan tujuan untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah.

Pemkab Pesawaran melalui Badan Pendapatan Daerah telah menyediakan kanal-kanal pembayaran non tunai berbasis digital untuk pembayaran pajak daerah. 

"Antara lain QRIS, Mobile Banking, ATM, Traveloka, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, OVO, Linkaja, Agen-agen Bank Lampung, Indomaret, Alfamart dan terus akan dilakukan perluasan ke kanal-kanal digital lainnya," ucapnya.

BACA JUGA:3 Tips Sederhana Menghindari Osteoporosis Usia Muda, Terapkan Sekarang

Selain itu, inovasi berbasis digital lainnya yang dilaksanakan untuk optimalisasi penerimaan pajak daerah yang dilaksanakan adalah bekerja sama dengan PT Bank Lampung melakukan pemasangan alat perekam data transkasi (tapping box). 

"Pemasangan tapping box di beberapa objek pajak Kabupaten Pesawaran ini sebagai pengawasan untuk merekam transaksi yang dilakukan wajib pajak dan jumlah pajak yang di pungut dari konsumennya," ujarnya.

Pemanfaatan Tapping Box ini akan berjalan efektif apabila dilakukan pengawasan yang ketat kepada wajib pajak dalam penggunaannya.

Ia berharap dengan inovasi-inovasi itu, realisasi penerimaan daerah dapat meningkat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: