Kue Yopia Kuliner Legendaris Jawa Tengah Saat Imlek, Jajanan Dengan Akulturasi Tiongkok-Jawa

Kue Yopia Kuliner Legendaris Jawa Tengah Saat Imlek, Jajanan Dengan Akulturasi Tiongkok-Jawa

Kue Yopia Kuliner Legendaris Rembang Jawa Tengah Sejak 1800-an , Jajanan Kuno Khusus Imlek Dengan Akulturasi Tiongkok - Jawa. Ilustrasi/Foto [email protected]

RADARLAMPUNG.CO.ID - Saat perayaan Imlek terdapat beberapa tradisi hingga kuliner legendaris yang hadir ditengah tengah tahun baru cina.

Seperti, tradisi  masyarakat pesisir Pantura Lasem, Rembang, Jawa Tengah tak lengkap rasanya jika perayaan Imlek belum ada kue Yopia di tengah tengah mereka.

Kue Yopia , Kuliner Legendaris di Rembang Jawa Tengah tetap eksis sejak 1800- an.

BACA JUGA:Forkopimda Pemkab Mesuji, Doa Bersama Lintas Agama Jelang Pemilu Damai 2024

Kue Yopia merupakan Salah satu kuliner kuno perpaduan Tiongkok-Jawa tersebut, hanya dapat ditemui ketika perayaan Imlek. 

Pembuat kue Yopia legend di Lasem Rembang Jawa Tengah adalah Waras yang telah berusia 77 tahun.

Rumah produksi di Desa Karangturi, kecamatan lasem, kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Kawasan Lasem ini merupakan kawasan Tiongkok kecilnya di Rembang.

Kue yopia sendiri merupakan kuliner wajib menjadi hidangan bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Lasem, Rembang, Jawa Tengah. 

BACA JUGA:Daftar Lokasi Seblak Enak di Bandar Lampung, Kuliner Legendaris Jawa Barat Ini Cocok Disantap Saat Musim Hujan

Kue yang menjadi simbol akulturasi kuliner tiongkok dengan budaya jawa itu, berbahan dasar terigu yang menjadi ciri khas makanan tiongkok yang dipadukan dengan isiannya menggunakan gula aren yang identik dengan kuliner jawa.

Biasanya, dalam sehari, Waras dibantu satu pekerja dan anggota keluarganya mampu membuat 400 sampai 500 kue Yopia saat ada pemesanan Imlek.

Kue Yopia Kuliner Legendaris Rembang Jawa Tengah ini harganya pun ramah dikantong yakni hanya Rp.30 ribuan sudah menikmati satu kotak yang berisikan 10 biji kue Yopia.

Selain isian gula aren, kue Yopia berbahan dasar tepung terigu dan minyak nabati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: