FKUB Lampung Imbau Perayaan Imlek 2024 Terjaga Kesakralan dan Kemurniannya

FKUB Lampung Imbau Perayaan Imlek 2024 Terjaga Kesakralan dan Kemurniannya

Ketua FKUB Lampung, Prof.Dr.H.Moh.Bahruddin.---Sumber foto: Ketua FKUB Lampung.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Lampung meminta perayaan Imlek 2024/2475 Kongzili terjaga Kesakralan dan Kemurniannya.

Mengingat, Hari Raya Imlek tahun 2024 yang jatuh pada Sabtu 10 Februari 2024 ini berdekatan dengan pesta demokrasi, pada Rabu 14 Februari 2024.

Ketua FKUB Lampung Prof. Dr. H. Moh. Bahruddin mengatakan, segenap pimpinan dan pengurus FKUB Lampung mengucapkan selamat merayakan Tahun Baru Imlek 2024, Gong Xi Fa Chai.

Di momen Hari Raya Imlek 2024 ini, kata dia, FKUB Lampung menyampaikan beberapa imbauan kepada masyarakat Lampung.

BACA JUGA:Bukti Keberpihakan Pada Ekonomi Kerakyatan, Kredit UMKM BRI Tembus Rp 1.068,7 Triliun

Pertama, kepada seluruh masyarakat Tionghoa di Provinsi Lampung, kiranya dapat menyambut dan merayakan Imlek tahun 2024 ini dengan penuh suka cita dan rasa syukur kepada Tuhan YME.

"Karena negara telah memberikan hak dan kesetaraan dalam mengamalkan ajaran agama dan kepercayaannya," ujarnya, Rabu 7 Februari 2024.

Kedua, tradisi dan ritual sujud syukur serta seluruh seremoni dalam rangka perayaan Imlek yang merupakan warisan budaya leluhur turun temurun sejak ribuan tahun yang lalu, kiranya dapat memperkokoh solidaritas sosial.

Kemudian menjadi pembauran kebangsaan dan toleransi antar etnis serta antar umat beragama --sehingga kesan eksklusif semakin sirna di Provinsi Lampung yang majemuk ini.

BACA JUGA:Kebakaran Pertashop di Bangkunat, Satu Korban Tewas Terbakar

Ketiga, kepada seluruh masyarakat Sai Bumi Ruwa Jurai diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada warga masyarakat Tionghoa untuk merayakan Imlek dalam suasana yang kondusif, saling pengertian, saling menghormati, dan menghargai keberagaman yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

"Sehingga kerukunan sejati antar umat beragama dapat benar-benar dirasakan," ucapnya.

Keempat, mengingat perayaan Imlek 2024 berdekatan dengan Pesta Demokrasi pemilu 2024, FKUB meminta agar perayaaan Imlek dapat betul-betul terjaga kesakralan dan kemurniannya.

BACA JUGA:Daftar Wisata Pantai Eksotis Di Tanggamus Lampung, Manfaat Liburan Panjang Bersama Keluarga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: