Inovasi Anyar Mahasiswa UTI: Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro

Inovasi Anyar Mahasiswa UTI: Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro

Foto dok Universitas Teknokrat Indonesia--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Mahasiswa Universitas Trknokrat Indonesia melakukan optimasi debit air untuk meningkatkan kinerja pembangkit listrik sehingga tercipta alat pembangkit listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH).

Mereka adalah mahasiswa Program Studi S1 Teknik Elektro Universitas Teknokrat Indonesia, di mana alat tersebut telah diserahkan kepada Matzurani. A. Lumbu selaku Kepala Pekon Way Kerap Kecamatan Semaka, Tanggamus, Matzurani. A.Lumbu, Selasa, 6 Februari 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh dari mata pembangkit tenaga listrik dan instrumen sistem kendali.

Adapun mata kuliah tersebut diampu oleh Novia Utami Putri, M.T. dan Elka Pranita, MT. Alat tersebut memiliki dampak positif pada lingkungan dan masyarakat.

BACA JUGA: Daftar Mobil Matic 2024 yang Punya Mesin Paling Bandel dan Tangguh Di Perjalanan

Adila selaku ketua tim mengatakan pembuatan alat tersebut melalui proses yang cukup panjang. Proses tersebut meliputi diskusi bersama warga, melakukan riset, hingga menciptakan alat PLTMH.

“Saya dan teman-teman berharap alat ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap pasokan listrik di daerah tersebut, sekaligus sebagai solusi ramah lingkungan,” ucap Adila.

Kepala Pekon Way Kerap Matzurani. A. Lumbu mengapresiasi mahasiswa Teknokrat yang sudah menciptakan alat ini.

“PLTMH menjadi solusi untuk mengatasi tantangan menghasilkan energi yang ramah lingkungan. Ini sangat berguna bagi desa kami,” ujarnya.

BACA JUGA: Syarat Terbaru KUR BCA 2024, Cek Cara Ajukan Pinjaman Modal Rp 50 Juta Tanpa Agunan

Ketua Program Studi S1 Teknik Elektro UTI Qadhli Jafar Adian, MIT. menyampaikan, alat tersebut merupakan hasil dari mata pelajaran Outcome Based Education (OBE).

Mata kuliah itu diikuti oleh mahasiswa kelas Elektro21 sebanyak 16 orang.

“Turut bangga terhadap dedikasi dan kerja keras mahasiswa dalam menghadirkan solusi energi terbarukan,” kata Qadhli.

Sementara, Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM. meminta  agar mahasiswa Teknokrat terus berinovasi mencipatakan alat-alat yang bermanfaat bagi masyarakat.(*/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: